Cara membuat file/folder Super Hidden di Windows

Tingkat selanjutnya agar folder atau file tambah sulit ditemukan di Windows adalah membuatnya menjadi Super Hidden. Perbedaannya dengan Hidden sederhana saja. Tambah tersembunyi dan tidak bisa dilihat walaupun sudah Show hidden files, folders and drives pada Folder Options. Dan memang salah satu trik yang digunakan virus agar tidak diketahui aktivitasnya oleh user.

Bagaimana caranya? Sederhana aslinya dan kita tidak perlu menggunakan software apapun karena fiturnya sudah ada dalam sistem operasi.

cmd-super-hidden

Langsung saja buka command prompt dan navigasikan ke lokasi file atau folder yang ingin disuper-hiddenkan. Selanjutnya anda tinggal mengetikkan perintah berikut:
attrib +s +h nama_file_atau_folder
Selesai sudah. Memang segampang itu metodenya, paling cuma repot pas di cmdnya saja.

Bagaimana kalau ingin memulihkannya ke semula? Sama saja, cuma perintahnya dibalik:
attrib -s -h nama_file_atau_folder
Yang sebelumnya ditambahkan (+) atributnya maka sekarang dihilangkan (-). Sekian. 🙂

windows-7-folder-options

Untuk melihat yang sudah diubah atributnya menjadi super hidden anda tinggal mengakses Folder Options > View > hilangkan centang pada Hide protected operating system files. Sudah.

Informasi saja, penamaan Super Hidden ini lebih disebabkan orang – orang menyebutnya begitu daripada istilah yang digunakan dalam Windows. 😀 Dan memang esensinya yang kita sebut super hidden itu adalah file sistem operasi Windows dan diproteksi agar pengguna tidak salah modifikasi atau menghapusnya. Bisa rusak Windowsnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...