Membuat installer Windows di USB Flashdisk dengan WinToFlash

Sudah jarangnya drive optikal seperti CD, DVD atau Blu-Ray juga dengan kecepatan akses USB Flashdisk yang relatif jauh lebih tinggi dibanding kepingan DVD membuat proses instalasi sistem operasi Windows melalui media Flashdisk sangat menarik.

Sebenarnya banyak cara membuat bootable USB Flashdisk untuk menginstall berbagai macam versi Windows, bahkan Microsoft sendiri telah mengeluarkan tool resmi untuk membuat installer Windows 7 ke USB Flashdisk. Tapi kali ini saya akan membahas software lain bernama WinToFlash yang mampu membuat installer berbagai versi Windows ke USB Flashdisk.

Apa saja versi Windows yang didukung WinToFlash? Berikut adalah daftar singkat sistem operasi Windows yang bisa dibuat menjadi installer ke USB Flashdisk :

  • Windows XP
  • Windows 2003
  • Windows Vista
  • Windows 2008
  • Windows 7
  • Windows 8

Cukup lengkap bukan versi Windows yang didukungnya?

Membuat setup Windows ke dalam USB Flashdisk menggunakan wizard

Untuk pemula sebaiknya menggunakan mode wizard dalam membuat setup Windows ke dalam Flashdisk ini. Kenapa? Karena anda akan dipandu untuk setiap langkahnya dan sebenarnya tidaklah lama mengikuti langkahnya. Kalau tidak percaya silahkan ikuti langkah – langkah saya dalam membuat installer Windows XP SP3 ke dalam USB Flashdisk. Kenapa Windows XP yang saya contohkan? Karena saya kebetulan membutuhkannya kemarin, jadi sekalian saja hehe. Tapi jangan khawatir tidak ada perbedaan dalam proses pembuatannya walaud engan versi Windows yang berbeda.

Saat pertama kali menjalankan WinToFlash maka akan muncul jendela First Start Wizard, jendela ini hanya akan muncul sekali saja. Klik Next untuk melanjutkan.

wintoflash-first-start-wizard

Pada jendela kedua anda bisa memilih menjalankan WinToFlash dalam mode wizard atau advanced selalu, berikan centang kalau memang ingin selalu menggunakan wizard. Selanjutnya klik Next.

wintoflash-wizard

Akhirnya kita masuk ke proses pembuatan setup Windows, pastikan anda telah memiliki data installer Windows yang diinginkan. Arahkan ke folder tempat file – file setup Windows. Beri centang pada “Use my ISO, RAR, ARJ, ZIP, 7z, CAB, DMG image or archive” untuk menggunakan file dengan ekstensi tersebut. Pada bagian USB Drive pilih USB Flashdisk anda, jangan sampai salah karena flashdisk tersebut akan diformat data – datanya. Mematikan antivirus bisa mempercepat prosesnya, tapi tidak selalu. Klik Next untuk ke proses selanjutnya.
wintoflash-wizard-basic-parameters

Akan muncul peringatan bahwa semua data pada disk yang anda tentukan akan dihapus, pastikan kembali anda tidak salah memilih. Klik Continue untuk ke tahap berikutnya.
wintoflash-format-warning

Anda akan diminta menerima EULA dari Microsoft Windows, pilih “I do accept the terms of license agreement” dan klik Continue.
wintoflash-windows-license-agreement

Proses pembuatan setup Windows di flashdisk akhirnya dimulai, dan ini bisa memakan waktu beberapa lama jadi bisa anda tinggalkan untuk menyelesaikan kesibukan anda yang lain.
wintoflash-wizard-transferring-windows-setup

Bila selesai anda akan diperlihatkan pesan bahwa proses pembuatan setup Windows di flashdisk telah berhasil dan selesai.
wintoflash-wizard-done

Sekarang anda bisa menggunakan USB Flashdisk tersebut untuk menginstall sistem operasi Windows di komputer, sebelumnya anda harus memilih di BIOS/UEFI untuk booting dari USB.

Satu pemikiran pada “Membuat installer Windows di USB Flashdisk dengan WinToFlash”

Tulis komentar...