Membuat media instalasi untuk Windows 8.1

Sebelumnya untuk menggunakan Windows 8.1 kita harus mengupgrade dari versi Windows 8, memakai cara tidak resmi membuat media instalasinya atau memanfaatkan file ISO bukan dari sumber resmi (ilegal, warez, atau bajakan). Beberapa cara diatas sangat tidak disarankan, dan untungnya Microsoft telah mengeluarkan sebuah program untuk membuat media instalasi Windows 8.1.

Anda bisa mendownloadnya pada halaman Create installation media for Windows 8.1, kalau anda bingung dimana link downloadnya klik saja pada tombol Create media.
wimct-windows-8-1-installation-configuration

Program Windows Media Creation Tool akan terbuka. Nanti anda akan memilih bahasa yang digunakan Windows 8.1, edisinya (Windows 8.1, Windows 8.1 N, Windows 8.1 Pro N, Windows 8.1 Single Language), arsitektur komputer 32-bit (x86) atau 64-bit (x64). Kalau sudah maka klik saja Next.

Setelah itu tentukan anda ingin membuat USB installer untuk Windows 8.1 atau membuat file ISOnya.
wimct-windows-8-1-save-installation-file

Kemudian silahkan tunggu proses download file instalasinya, karena ukurannya cukup besar (mendekati 4GB) maka tergantung kecepatan internet anda bisa memakan waktu cukup lama.

Jika proses download dan pembuatan media instalasinya selesai maka untuk USB Flashdisk sudah bisa langsung digunakan, sedangkan bila anda memilih ISO maka perlu diburning ke DVD dahulu baru bisa dipakai.

Tulis komentar...