Membuat password yang kuat dengan SafePasswd

Membuat password merupakan persoalan gampang – gampang susah, selain sebaiknya harus panjang, menggunakan banyak karakter termasuk angka dan yang terpenting mudah diingat. Jangan sampai anda menggunakan satu password untuk semuanya juga, karena bisa diketahui bisa bobol semua akun anda di berbagai situs.

Daripada anda bingung mengkreasikan sebuah kata sandi kuat dengan berbagai macam syarat, anda bisa menggunakan layanan dari SafePasswd untuk otomatis membuat password yang kuat. Yang perlu dilakukan untuk membuat password yang kuat adalah cukup dengan klik pada New Password.

safepasswd

Maka kata sandi yang tergolong kuat akan otomatis dibuat untuk anda. Setting default dari SafePasswd sudah termasuk aman.

safepasswd-new-password

Kalau anda ingin membuat password yang lebih aman lagi (tingkat paranoid) atau lebih lemah, ada beberapa tipe password yang bisa anda pilih:

safepasswd-password-type

  • Easy To Remember – Mudah diingat, ini defaultnya SafePasswd.
  • Letters (A-Z) – Hanya menggunakan huruf.
  • Numbers (0-9) – Hanya menggunakan angka.
  • Letters + Numbers – Menggunakan kombinasi angka dan huruf.
  • All Characters (most secured) – Semua karakter, merupakan yang paling aman.
  • Hex (A-F, 0-9) – Menggunakan bilangan heksadesimal.

SafePasswd akan menggunakan huruf besar dan kecil secara default dalam membuat passwordnya. Ini bisa diatur pada “Use UpperCase and LowerCase (Recommended)”.

safepasswd-password-length

Berapa banyak atau panjang karakter password bisa diatur pada bagian Length, bisa digeser menggunakan slider di Length Bar atau dengan mengisikan angkanya di Custom Length.

Kalau anda sudah memiliki sistem pembuatan password sendiri ada baiknya diuji dulu kekuatannya, dan kalau termasuk lemah amak sebaiknya digantikan. Catat juga setiap kata sandi anda dalam tempat yang aman, ini mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.

Tulis komentar...