Membuat screenshot situs di Mozilla Firefox

Membuat screenshot dari suatu halaman situs sebenarnya bukanlah hal yang sulit tapi kadang kalau panjangnya sampai melewati satu layar maka akan terpotong. Menggunakan software untuk melakukan penangkapan layar juga kadang tidak semudah itu dan hasilnya pun belum tentu sempurna. Tapi kalau anda menggunakan Mozilla Firefox maka hal ini akan sangat gampang dan cepat prosesnya.

Ya, Firefox memang telah mengintegrasikan fungsi untuk membuat screenshot website yyang sedang dibuka. Yang perlu anda lakukan adalah menekan tombol Shift+F2 yang akan memanggil console di bagian bawah jendela browser dan kemudian langsung saja ketikkan perintah screenshot kemudian tekan ENTER. Nanti anda akan otomatis diminta menentukan lokasi file gambar hasilnya dalam format PNG.
mozilla-firefox-screenshot

Tapi ini hanya akan membuat screenshot situs yang bagiannya tampak di monitor kalau mau semuanya tertangkap maka anda tinggal menambahkan parameter –fullpage jadi nanti lengkapnya adalah screenshot –fullpage dan tekan ENTER.

Apa yang disimpan menjadi gambar screenshot berdasarkan bagaimana Firefox menciptakan halaman websitenya, jadi kalau ingin sempurna tidak ada elemen yang hilang matikan seluruh addon dahulu.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...