Memperbaiki gambar buram dengan SmartDeblur

Foto mungkin akan menjadi buram katena berbagai sebab, dan biasanya hampir seluruh pemilik kamera digital pernah mengalami gambar buram yang diambil dengan kamera mereka. Banyak yang berpikir tidak ada yang bisa dilakukan terhadap gambar – gambar ini. Walau belum ada program yang mampu mengubah gambar buram menjadi foto yang sempurna, tapi ada program untuk membuat kondisinya lebih baik.

Salah satu program ini adalah SmartDeblur, sebuah aplikasi untuk Windows dan Macintosh yang memperbaiki gambar buram atau tidak fokus secara otomatis. Sang pembuat program menampilkan beberapa foto sebelum dan sesudah pada situsnya yang mendemokan kemampuan program ini.

Anda tidak akan mendapat hasil yang sempurna setelah pemrosesan tapi hasilnya biasanya sangat lebih baik dan lebih jelas dari foto aslinya. SmartDeblur sendiri juga sangat mudah digunakan. Cukup download dan ekstrak isi arsip ke komputer anda dan jalankan setelahnya. Untuk memproses gambar anda tinggal meletakkan gambar pada program atau menggunakan menu untuk membuka foto yang ingin diproses.

SmartDeblur about

Program ini akan secara otomatis memproses gambar dan menampilkan hasilnya di layar. Klik pada show original untuk melihat foto aslinya. Sayangnya tidak ada pilihan untuk melihat kedua gambar bersebelahan untuk mempermudah perbandingan.

Jika hasilnya kurang optimal anda bisa mencoba beberapa pilihan, Gaussian Blur, Motion Blur, dan Out of Focus Blur dengan tingkat kekuatannya sehingga anda bisa lebih detail dalam prosesnya.
SmartDeblur unblur

Program ini masih belum bisa meng-unblur foto yang memiliki area keburaman kecil atau menengah yang biasa digunakan untuk menyembunyikan informasi pada screenshot atau sensor wajah.

2 pemikiran pada “Memperbaiki gambar buram dengan SmartDeblur”

Tulis komentar...