Memperbaiki icon bookmark hilang di Google Chrome

Menyimpan alamat website dengan bookmark merupakan salah satu fitur penting di browser, jelas kita tidak ingin lupa apa url dari situs yang penting. Di Google Chrome sendiri caranya sangatlah mudah tinggal klik icon bintang di address barnya dan akan otomatis disimpan untuk dibuka di kemudian hari.

Tapi kadang muncul masalah bahwa lambang bintang ini tiba – tiba hilang dan setidaknya membuat kita bingung bagaimana cara membuat bookmark baru. Ada satu solusi sementara untuk menciptakan bookmark baru yaitu dengan menekan tombol CTRL+D pada halaman yang ingin dicatat, tapi icon bintangnya tetap tidak akan muncul lagi.

google-chrome-url-bookmarked

Nah… bagaimana cara memperbaikinya? Masalah ini bisa disebabkan data profil pengguna Chrome yang rusak atau korup, dengan membuat profil baru maka bisa mengatasinya. Sebelumnya buatlah backup bookmark dulu untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan, setelah itu akses folder profilnya:

  • Windows XP: %USERPROFILE%\Local Settings\Application Data\Google\Chrome\User Data\
  • Windows Vista/ Windows 7/ Windows 8: %LOCALAPPDATA%\Google\Chrome\User Data\
    google-chrome-user-data-windows-7

Nanti didalam foldernya anda akan menemukan folder bernama Default, silahkan direname menjadi backupdefault dan buka kembali program Google Chrome. Sebuah profil baru bernama default akan dibuat kembali dan seharusnya lambang bintang yang lenyap akan tampil kembali.

Kalau masih gagal maka tampaknya terpaksa anda melakukan reset Google Chrome untuk mengembalikan kondisinya ke semula seperti saat instalasi baru.

Semoga berhasil. 🙂

Tulis komentar...