Memperbaiki loading gambar lambat di Google Chrome

Secepat – cepatnya Google Chrome dalam memuat halaman situs kadang malah sangat lambat saat memuat gambar, apalagi kalau jumlahnya banyak dan ukurannya besar dalam satu halaman. Kalau bandwidth koneksi internet anda cukup besar juga spesifikasi komputer cukup tinggi dan anda rasakan hal ini tidak wajar maka anda bisa mencoba solusi berikut.

Bagaimana cara mengatasinya? Langsung saja jalankan Google Chrome dan isikan alamat berikut: chrome://flags/. Setelah itu cari Enable GPU rasterization, atau anda bisa mengakses link langsungnya berikut ini: chrome://flags/#enable-gpu-rasterization. Setelah itu silahkan ubah menjadi Enabled untuk mengaktifkannya.
chrome-flags-enable-gpu-rasterization
Setelah itu silahkan restart browsernya. Semestinya akan langsung terasa perbedaannya menjadi lebih cepat.

Masalah ini disebabkan Chrome menggunakan software untuk memuat gambarnya dalam browser. Ini bisa menyebabkan loading gambar dalam format JPG dan PNG berhenti beberapa lama atau animasi GIF lag. Nah… untuk urusan grafis memang sebaiknya diolah oleh GPU, dan opsi ini memang untuk mensetting Chrome agar menggunakan graphic card di komputer anda untuk merender gambarnya.

Tulis komentar...