Memperbaiki tampilan Twitter yang rusak

Pada saat mengakses situs Twitter apakah tampilannya menjadi tulisan saja dengan warna background putih? Tampilan Twitter yang rusak ini bisa diperbaiki dengan mudah, anda cukup mengikuti artikel ini informasi lebih lanjut.

Mengenai enkripsi koneksi internet HTTPS

Masalah rusaknya tampilan Twitter ini bisa berhubungan dengan protokol koneksi ke Twitter yang menggunakan HTTPS, yang berarti koneksi anda diamankan dengan enkripsi. Bila beberapa komponen di Twitter menggunakan HTTPS untuk menyediakan resource seperti file CSS dan JavaScript dan terjadi masalah dengan protokol HTTPS maka anda akan mendapati tampilan Twitter yang tidak sempurna ini. Sayang koneksi jenis ini sudah tidak bisa dimatikan di Twitter dan memang hidup secara default. Jadi mematikan HTTPS tidak bisa menjadi solusi seperti dalam menangani rusaknya tampilan Facebook.

twitter-ssl-certificate

Silahkan ikuti langkah berikut untuk mengatasi rusaknya tampilan Twitter di browser.

Sebelumnya coba bersihkan seluruh cookie dan cache pada browser anda, coba reload atau refresh halaman Twitter dengan tombol shortcut Ctrl+F5. Shortcut ini memberikan instruksi kepada browser untuk membuka kembali halaman yang sedang dibuka tanpa cookie dan cache yang ada. Bila masih belum berhasil, anda bisa mencoba metode berikut.

Membenarkan waktu yang berjalan di komputer

Metode berikut ini sungguhlah mudah dan besar kemungkinan anda melewatinya karena bingung. Coba lihat waktu yang tertera pada komputer anda. Apakah sudah sesuai dengan waktu yang sedang berjalan? Pada contoh gambar dibawah anda bisa melihat bahwa waktu komputernya tidak sesuai dengan waktu sekarang, sehingga beberapa bagian dari tampilan Twitter tidak bisa muncul. Ini yang menyebabkan kerusakan pada tampilan Twitter.

Anda cukup mengubah waktu komputer anda ke waktu yang benar, kemudian buka kembali website Twitter. Semestinya tampilan Twitter yang sebelumnya acak – acakan akan kembali benar ke semula.

Membiarkan website menggunakan warnanya sendiri

Solusi yang ini mungkin bisa menyelesaikan masalah anda dengan rusaknya tampilan Twitter, tapi khusus untuk pengguna Mozilla Firefox.

Akses settings warna dengan mengikuti langkah berikut Tools > Options > Content?: Fonts & Colors > Colors.

mozilla-firefox-options-contents-colors

Kemudian beri centang pada “Allow pages to choose their own colors, instead of my selections above”

Menggunakan DNS server alternatif

Cara ini saya temukan setelah melihat beberapa teman saya tidak mengalami masalah pada saat Twitter diserang oleh Syrian Electronic Army, dan ternyata perbedaannya terletak pada DNS server yang digunakan. Inspirasi ini juga didukung oleh bisikan CloudFlare bahwa teknisi Google, OpenDNS, Twitter, GoDaddy dan CloudFlare bekerja sama untuk menangani pembajakan DNS dari serangan hacker ini. Karena itu saya simpulkan bahwa dengan mengganti server DNS yang digunakan akan menyelesaikan masalah ini.

Kalau anda masih menggunakan DNS server asli dari ISP anda seperti Telkom Speedy dan semacamnya lebih baik anda ganti ke DNS server publik alternatif. Berikut adalah 2 layanan DNS dan panduan yang bisa anda gunakan untuk berpindah ke DNS server lain:

Anda bisa menggunakan salah satu, mana yang terbaik bisa anda tentukan sendiri dengan mencobanya. Solusi ini diharapkan mengatasi masalah tampilan Twitter yang rusak yang dikarenakan rusaknya record DNS salah satu domain Twitter yang menyediakan gambar dan foto. Saat saya mencoba cara ini tampil Twitter kembali ke semula dan tidak ada masalah kembali, sebaiknya anda membersihkan cache DNS di Windows untuk memastikan komputer anda menggunakan informasi DNS yang benar.

Sebagai catatan saja bukan berarti solusi mengganti DNS server hanya berguna untuk memperbaiki tampilan Twitter rusak karena serangan hacker, jadi anda sebaiknya mencoba dulu sebelum menyerah.

Lainnya

Bila solusi diatas gagal dan situs lain tidak bermasalah bisa jadi masalah bukan dari komputer anda, tapi dari Twitter sendiri. Contohnya pada saat sekarang saya update artikel ini (28 Agustus 2013) Twitter diserang oleh hacker Syria, yang menyebabkan record DNS beberapa website diubah.

twitter-status-update-syria-hacker

Twitter pada status resminya memberitahukan bahwa domain Twitter yang khusus menyediakan gambar twimg.com termasuk korbannya, sehingga menyebabkan tampilan Twitter menjadi kacau. Solusinya? Ya cuma menunggu saja, karena masalah bukan dari pihak anda.

Kalau masalah yang anda alami bukan? di tampilan Twitter melainkan seperti jumlah tweet yang berbeda, tweet tidak muncul dan sebagainya anda bisa memperbaikinya dengan mencoba solusi yang sudah saya tuliskan. Semoga sukses 🙂

14 pemikiran pada “Memperbaiki tampilan Twitter yang rusak”

    • Memang benar khusus kasus hari ini (28 Agustus 2013) masalah berasal dari Twitter, Hal ini disebabkan oleh serangan hacker Syria ke New York Times dan Twitter sebagai korbannya, yang diserang oleh mereka adalah DNS record dari twimg.com. Ini mengakibatkan beberapa komponen penyusun tampilan Twitter seperti gambar atau foto tidak bisa ditampilkan dengan baik.

      Yang bisa dilakukan hanyalah menunggu karena masalah ini tidak menimpa seluruh pengguna Twitter. Tapi bila ada cara lain yang bisa memperbaiki tampilan Twitter akan saya update artikelnya sesuai dengan informasi terbaru.

      Salam.

    • Sama – sama, terimakasih atas kunjungannya. Sekarang baru saya tambahkan satu cara lagi untuk mengatasinya, silahkan dicoba terlebih dahulu.

      Salam.

    • Anda bisa mencoba solusi yang baru saya tambahkan, yaitu dengan mengganti DNS server komputer. Cara ini tampaknya berhasil dengan baik, saya sendiri sudah mencobanya.

  1. sampai sekarang twitter dan facebook tampilannya masih seperti itu, tapi pas saya buka di komputer lain bisa, sedangkan di komputer saya sendiri tidak bisa dan mmuncul sertificate expiried , ada solusi nya kah ?

    • Kalau yang muncul certificate expired maka jam atau waktu di komputer anda tidak tepat. Coba dibenarkan kembali ke waktu yang sekarang.

      Nah.. kalau setelah dibetulkan jamnya dan berhasil, coba restart komputer anda setelahnya dan akses kembali Facebook atau Twitter. Bila tampilannya rusak lagi, cek lagi jam di komputer apakah kembali salah. Bila salah maka baterai CMOS di motherboard anda perlu diganti, harganya murah kok cuma sekitar 5000 rupiah.

    • Halo Sitha, boleh tahu menggunakan sistem operasi apa dan browsernya? Sudah mencoba browser lain?

      Memang penyebab utamanya adalah masalah SSL, tapi yang mempengaruhi rusaknya komunikasi menggunakan SSL ada beberapa macam dan kadang sangat spesifik.

    • Halo Ari, tampilan rusaknya kalau di aplikasi Android seperti apa ya? Bisa minta screenshotnya? Anda menggunakan handphone apa dengan versi Android berapa? Aplikasi yang digunakan resmi kan? Sudah coba TweetDeck?

  2. gan..tampilan di twitter gue di laptop kok berubah jadi tampilan twitter kayak di hp..
    Cara benerinnya gimana ya gan ? btw gue bukanya di uc browser lewat laptop..
    Trim’s

Tulis komentar...