Memperbaiki tampilan teks buram di Windows

Mungkin karena sudah sangat dimanjakan oleh Windows yang hampir semua settingnya sudah pas langsung bisa digunakan jadi saya kemarin malam agak bingung saat tetangga menanyakan kasusnya. Ceritanya laptop miliknya baru saja diinstall ulang Windowsnya di toko komputer dekat rumah, tapi pas digunakan kok setiap teks dilihat buram atau ngeblur. Karena sudah terlalu malam akhirnya minta bantuan saya.

Aslinya saat mendengar ciri – ciri masalahnya saya sudah ada pikiran apa penyebabnya, bukan rusak layar atau VGAnya yang pasti. Setelah melihat sendiri langsung yakin, oh ini setting Windowsnya yang entah kenapa tidak memakai yang optimal dalam menampilkan font tulisan di layar. Dan solusinya sangatlah mudah: Aktifkan saja fitur ClearType Text.

Anda bisa mengaksesnya melalui Control Panel kemudian buka Display, nah… di daftar menu sebelah kiri akan ada opsi Adjust ClearType text. Nanti tinggal anda memberi centang pada Turn on ClearType, anda bisa melihat perbedaannya langsung pada kejelasan tampilan tulisan di layar. Alternatifnya bisa lewat Run Command (Windows+R) dan ketikkan perintah cttune, sama saja.

windows-cleartype-text-tuner

Selanjutnya klik Next dan ikuti panduan untuk kalibrasi dan menentukan mana setting yang paling jernih saat dilihat pada layar. Selesai. Memang semudah itu kok. 🙂

Opsi ini sebenarnya mengaktifkan teknologi penyajian tulisan dalam layar, terutama yang sudah menggunakan LCD atau LED seperti di notebook.

Semoga bermanfaat. 🙂

14 pemikiran pada “Memperbaiki tampilan teks buram di Windows”

Tulis komentar...