Menampilkan daftar seluruh file dan menyimpannya ke file teks di Windows

Anda ingin mengetahui apa saja file yang terdapat dalam harddisk anda? Tentu sangatlah repot untuk membaca satu persatu file yang anda miliki dan mencatatnya. Mencatat file – file yang anda miliki cukup berguna untuk melakukan backup, misal harddisk anda rusak anda tinggal membandingkan file apa saja yang hilang.

Misal anda memiliki folder khusus untuk film, dengan kapasitas harddisk yang besar dan terjangkau sekarang tidaklah asing koleksi anda bisa mencapai ratusan film. Anda akan memerlukan cara yang cepat dan mudah untuk melakukan pendataan film apa saja yang ada di harddisk anda.

Cara berikut memerlukan command prompt, bisa diakses melalui Start > Run > cmd.
windows-run-cmd

Sebelumnya silahkan sesuaikan direktori aktif untuk cmd bekerja, anda bisa menggunakan perintah cd untuk berpindah direktori. Untuk berpindah direktori diatasnya bisa menggunakan cd.. dan untuk langsung berpindah ke direktori spesifik anda bisa menggunakan cd namadirektori.

Perintah yang akan digunakan adalah dir dan dengan beberapa parameter.

Silahkan ketik dir /B /S > $output3.txt
windows-cmd-dir-output2

Perintah dir akan menampilkan daftar file dan direktori yang terdapat di lokasi tersebut, parameter /B untuk menampilkan nama saja dan parameter /S untuk mengurutkan berdasar ukuran. Simbol > untuk mengarahkan hasil, $output3.txt adalah tujuan dari simbol >, jadi nama file tujuannya adalah output3.txt
windows-text-dir-output2

Perintah alternatif yang bisa anda gunakan adalah tree juga dengan beberapa parameter, kelebihan perintah tree adalah tampilannya lebih rapi dan disertai dengan hirarki file dan direktorinya.

Silahkan ketik tree /F /A > $output.txt
windows-cmd-tree-output

Perintah tree akan menampilkan daftar file dan direktori yang terdapat di lokasi tersebut dengan tambahan garis – garis sebagai penanda hirarki, hasilnya mirip seperti pohon karena itu dinamakan dengan tree. Parameter /F untuk menampilkan nama file lengkap yang terdapat dalam setiap folder, dan /A untuk menampilkan dengan menggunakan karakter ASCII. Simbol > adalah arah tujuan hasilnya dan $output.txt adalah nama file tujuannya.

windows-text-tree-filelist

Mudah bukan? Lokasi file teks hasil perintah diatas adalah tergantung lokasi folder anda menjalankan perintahnya.

Tulis komentar...