Menampilkan tombol Sleep di Windows 10

Bagi pengguna Windows 10 yang sudah terbiasa menggunakan fitur Sleep untuk menonaktifkan komputer pada versi Windows sebelumnya pasti bingung karena opsi ini tidak ada dalam pilihan Power. Cuma ada opsi Hibernate, Shutdown, dan Restart. Hal ini memang sudah menjadi setting default dari Microsoft dan diarahkan menggunakan Hibernate yang katanya tidak banyak perbedaannya dan lebih baik daripada Sleep. Tapi kita tidak perlu mengubah kebiasaan kalau fiturnya masih ada kan? Cuma memang tersembunyi saja. 🙂

Ya, kita bisa dengan mudah mengembalikan tombol Sleep ke lokasinya yang benar. Langkahnya sangat mudah kok cuma agak panjang saja. Silahkan akses opsi Power Options pada Control Panel. Kemudian silahkan klik pada menu bagian kiri opsi “Choose what the power button does”.
windows-10-power-options
Jendela setting tombol power dan password Windows akan muncul, silahkan klik opsi “Change settings that currently unavailable”. Yang ada icon perisainya di sisi kiri, ini dikarenakan mengubah setelannya membutuhkan hak akses administrator.

windows-10-define-power-buttons-and-turn-on-password-protection

Silahkan lihat pada bagian terbawa jendela yang sama, anda akan menemukan opsi Sleep – Show in power menu dalam keadaan nonaktif. Silahkan beri centang untuk menambahkannya dalam tombol Power. Setelah itu klik Save changes agar perubahan konfigurasinya tersimpan. Selesai.
windows-10-shutdown-settings
Anda bisa mengatur Turn on fast startup, Hibernate dan Lock juga disini kalau anda membutuhkannya. Saran saya biarkan saja kalau tidak diperlukan atau belum paham fungsinya apa.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...