Menandai email telah dibaca secara massal di Gmail

Kalau kita jarang mengecek inbox Gmail dan malah sering mendaftar ke berbagai macam website juga layanan maka tidak disadari lama – lama akan penuh dengan pesan belum terbaca. Ini selain tidak rapi juga membuat kita kesulitan mencari email penting didalamnya, belum tentu judul pesannya jelas sesuai isinya kan?

Nah… saya sarankan anda rutin menandai email – email yang masuk sebagai telah dibaca (Mark as read) walaupun isinya tidak penting, dan email – email penting lainnya diberi bendera, label, bintang atau favorit supaya mudah mencarinya di kemudian hari. Proses ini bisa diotomatiskan. Tapi kalau sudah terlanjur ada ribuan email belum terbaca dan anda ingin menandainya semua secara massal telah dibaca maka akan saya ajarkan solusinya. 🙂

gmail label unread

Langkah pertama adala pada kotak pencarian silahkan ketik label:unread atau is:unread, ini akan menampilkan seluruh email yang masih unread dari seluruh bagian label. Berarti termasuk Inbox, Social, Promotion dan label – label lainnya yang anda buat sendiri. Tentu saja bisa lebih spesifik lagi, misal anda hanya ingin dari kotak Inbox saja bisa gunakan kode label:inbox is:unread.

Selanjutnya beri centang pada kotak di kiri atas, sesuai gambar kalau bingung. Ini akan memilih semua email yang muncul di layar, tapi belum selesai sampai disini. Kemudian pada tulisan All 50 conversations on this page are selected. Select all conversations that match this search, klik pada kata Select All, ini akan memilih seluruh email yang sesuai aturan filter pencarian diawal tadi.

Akhirnya baru klik tombol More dan klik Mark as read. Selesai sudah masalahnya dan semua email yang belum terbaca akan ditandai telah dibaca isinya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...