Mencari lokasi instalasi Google Chrome?

Ini kasus yang tampaknya sederhana tapi ternyata bikin repot. Secara tidak sengaja shortcut Google Chrome terhapus dari desktopnya, dan tugas saya adalah mengembalikannya seperti semula. Asumsi saya karena semuanya pakai instalasi default maka seharusnya ada di C:\Program Files\Google Chrome atau dengan nama – nama folder yang mirip lah. Dan ternyata tidak semudah itu. 😥

Setelah saya cari tahu sebenarnya tebakan saya tidak ada yang salah, asalkan ini Chrome terbaru. Cuma karena ini instalasi lama (dari tahun 2011) pada Windows 7 ternyata disimpan pada lokasi yang tidak standar: C:\Users\<nama_user>\AppData\Local\Google\Chrome\Application\chrome.exe. Gantikan <nama_user> dengan user account Windows anda.

chrome-version

Alternatifnya bisa menjalankan perintah ini pada run dialog atau Windows Explorer: %USERPROFILE%\Local Settings\Application Data\Google\Chrome dan tinggal ENTER saja maka akan langsung terbuka. Sekarang Google Chrome ditempatkan pada folder standarnya: C:\Program Files\Google\Chrome\Application. Berlaku untuk Windows 7, 8, dan 10.

Tapi kalau anda gagal menemukannya pada lokasi yang seharusnya maka bisa mendapatkannya dari browsernya sendiri, asalkan jendela Google Chrome terbuka anda tinggal mengetikkan perintah chrome://version dan perhatikan baris Executable Path, itulah lokasinya. Tinggal anda perhatikan gambar diatas saja kalau bingung.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...