Mencatat penggunaan printer di Windows

Kali ini kenalan saya minta bantuan soal pengelolaan printer di warnetnya. Selama ini untuk melacak penggunaan printer hanyalah dari jumlah kertas yang dipakai dalam mencetak dokumen pelanggan. Tapi sejak berganti operator anehnya tinta printer lebih cepat habis dari biasanya. Jadi ada kecurigaan kenakalan yang terjadi di warnetnya, bisa jadi kertasnya membawa sendiri dan uang yang didapat disimpan. Solusi yang saya sarankan sih CCTV untuk mengamati apa yang sebenarnya terjadi. Tapi kalau perlu solusi gratis ada alternatifnya. 🙂

Jadi kita akan mencatat penggunaan printer yang terpasang pada komputer server/operator. Yang perlu kita lakukan adalah menginstall PaperCut Print Logger untuk Windows: http://www.papercut.com/products/free-software/print-logger/. Ukurannya kecil kok cuma 1MBan. Setelah selesai maka aplikasi ini akan memonitor segala aktivitas cetak mencetak yang terjadi lewat PC tersebut.

PaperCut Print Logger Print Logs

Bukanya lewat Start Menu dan ada opsi View Print Logs, dan akan terbuka di browser nantinya.

Apa yang akan ketahui dari pencatatan Print Logger ini? Nanti dalam tabel yang rapi akan muncul detail – detailnya per tanggal:

  1. Kapan waktu terjadinya.
  2. User account Windows yang digunakan. Tapi kalau di warnet biasanya satu user, jadi perhatikan waktu shiftnya saja.
  3. Berapa halaman atau lembar kertas yang dicetak.
  4. Nama Printer yang digunakan.
  5. Nama dokumen yang dicetak dan ukuran kertasnya.
  6. Nama komputer.
  7. Cetak Duplex (bolak – balik) atau tidak.
  8. Cetak warna atau hitam putih saja.

Dari data yang didapatkan kita bisa mengestimasi apakah ada ketidakcocokan dengan jumlah kertas yang distok beserta tinta printer yang ada. Dan informasi ini juga tersedia dalam bentuk CSV jadi bisa dibuka di Microsoft Excel dan dibuat rekapannya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tags:

Leave a Reply