Mencegah dihapusnya riwayat browsing di Internet Explorer

Pada lingkungan kerja seperti di kantor biasanya dibatasi tidak bisa menginstall program apapun tanpa ijin system administratornya dan hanya boleh membuka situs – situs yang berhubungan dengan pekerjaan. Biasanya untuk memastikan pegawai hanya bisa mengakses website yang berhubungan pekerjaan bisa menggunakan web filtering pada router, tapi kalau skala kantornya belum besar – kemungkinan langsung terhubung ke internet.

Kalau sudah begini anda harus melakukan pengecekan manual menggunakan Browsing History dari Internet Explorer, tapi user yang nakal biasanya menghapusnya secara bersih dengan berbagai macam alasan. Nah… anda bisa mematikan fitur Delete Browsing History supaya jejak atau riwayat browsing situs mereka tidak bisa dilenyapkan.

ie11-internet-options-delete-browsing-history-disabled

Hasil akhirnya nanti pada Internet Options opsi untuk menghapus Browsing History akan nonaktif (dalam warna abu – abu tidak bisa diaktifkan), dan akan muncul pesan “Some settings are managed by your system administrator”.

Pertama silahkan jalankan run dialog (Windows+R), ketikkan gpedit.msc kemudian tekan ENTER.
windows-run-command-gpedit-msc

Jendela Local Group Policy Editor akan terbuka. Akses User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Internet Explorer > Delete Browsing History, setelah itu cari “Prevent access to Delete Browsing History” atau “Turn off “Delete Browsing History” functionality” dan lakukan double-click.
gpedit-user-configuration-delete-browsing-history

Ubah statusnya dari Not Configured atau Disabled menjadi Enabled, selanjutnya klik OK.
gpedit-prevent-access-delete-browsing-history
Selesai! Sekarang para pengguna komputer kantor tidak bisa seenaknya sendiri menghilangkah jejak rekam selancar website mereka, sehingga produktivitasnya akan terjaga karena mereka akan berhati – hati untuk tidak membuka situs yang dilarang.

Tulis komentar...