Mencegah gambar thumbnail terpotong di WordPress

Bagi pengguna WordPress pasti menyadari kalau setiap gambar yang diupload akan otomatis dibuat thumbnailnya, gambar – gambar yang telah diresize ini akan digunakan sebagai ilustrasi tambahan saat ditampilkan pada homepage atau halaman utama situs – apalagi kalau ukuran foto atau gambar asalnya cukup besar.

Secara default thumbnail di WordPress akan otomatis dipotong (crop) bukan diresize saja, jadi kadang objek apa yang didalam gambar tidaklah fokus dan malah membuat tidak jelas maksudnya apa.
wordpress-post-thumbnail
Bisa anda lihat pada contoh posting diatas, gambar aslinya adalah screenshot penuh dari desktop di Windows 10 tapi di thumbnailnya sudah dipotong hanya pada bagian tertentu saja yang ditampilkan. Kadang thumbnail di WordPress benar – benar sesuai sumbernya, ini disebabkan ukuran panjang dan lebarnya adalah kurang lebih sama (persegi). Kalau gambarnya adalah orientasi landscape atau portrait biasanya akan otomatis dicrop karena WordPress tidak bisa membuatnya proporsional.

Nah… bagaimana cara mengubah settingnya supaya WordPress membuat thumbnail yang proporsional dengan aslinya? Silahkan akses dashboard administrasi situs WordPress anda (wp-admin) dan akses Settings, kemudian Media.
wordpress-settings-media
Hilangkan centang pada “Crop thumbnail to exact dimensions (normally thumbnails are proportional)” dan klik Save Changes. Selesai sudah. 😀

Tapi ini hanya berlaku pada gambar – gambar yang diupload setelah ini, yang sebelumnya tidak akan berubah mengikuti konfigurasi baru. Untuk menerapkan pada seluruh gambar yang sudah ada maka anda perlu menggunakan plugin Regenerate Thumbnails dan baru proses ini benar – benar selesai.

2 pemikiran pada “Mencegah gambar thumbnail terpotong di WordPress”

  1. Selamat petang mas, saya sudah mencoba langkah2 di atas bahkan install plugin juga. Tetap hal yang sama terjadi. Semua gambar dalam blog saya terpotong baik thumbnailnya maupun gamabr utuhnya. Mohon dibantu. Trima kasih

    • Loh… kalau gambar utuh tidak akan terpotong kecuali anda menyisipkan gambar tidak full size. Cek saja saat anda memasukkan gambar, saat memilih gambarnya perhatikan pada bagian kanan apakah anda memilih ukuran bukan penuh. WordPress akan menggunakan pilihan anda sebelumnya (misal bukan ukuran asli) sebagai defaultnya untuk setiap gambar yang disisipkan setelahnya.

      Di WordPress ada 3 ukuran gambar yang bisa digunakan: thumbnail, small/medium (lupa namanya), dan full.

Tulis komentar...