Mencegah WiFi mati di Android

Untuk menghemat penggunaan daya listrik maka handphone Android biasanya secara default akan dalam mode Power Saving, dan ini juga berakibat WiFi akan ikut mati saat layar handphone menjadi gelap. Walaupun tujuannya baik tapi ini bisa menjadi masalah saat ada komunikasi internet melalui wireless ke handphone anda, seperti pesan tidak masuk pada program messenger (BBM, WhatsApp, Facebook, Twitter, dan sebagainya).

Anda bisa mengeceknya dengan mudah, misal setelah handphone anda masuk dalam mode sleep dan anda membangunkannya segera perhatikan icon WiFi apakah tetap berwarna biru atau berbah dari abu – abu menjadi biru. Memang cuma sekejap lamanya tapi ini menandakan bahwa WiFi anda mati sebelumnya dan sedang dinyalakan kembali. Kalau anda ingin menggunakan fitur WLAN ponsel anda secara penuh online 24 jam tanpa mati sama sekali maka anda bisa menonaktifkan mode hemat dayanya.

Kalau di ponsel anda ada shortcut langsung ke setting WLAN maka gunakan saja, bila tidak maka silahkan akses dari Setting (Pengaturan) dan pada bagian Wireless & Networks pilih WLAN. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, kalau versi anda berbeda maka silahkan diadaptasikan caranya.

Nanti akan muncul daftar nama hotspot yang tercatat dalam handphone anda, tap tombol menu dan akan muncul opsi Advanced, buka saja.

android-wlan-menu

Pada setting Advanced WLAN tap di opsi Keep WLAN On during Sleep.
android-advanced-wlan

Akan muncul 3 opsi pengaturan daya WiFi:
android-keep-wlan-on-during-sleep

  • Always – Akses WiFi akan selalu hidup walau handphone anda masuk mode Sleep.
  • Only when plugged in – Saat handphone anda dicharge WLAN akan aktif terus.
  • Never (Increase data usage) – WLAN tidak akan pernah aktif selama dalam mode tidur. Ini juga akan meningkatkan penggunaan kuota data internet anda karena handphone anda akan beralih menggunakan layanan internet dari operator telekomunikasi yang terpasang.

Untuk mencegah WiFi mati maka pilihlah Always. Setelah ini akses Wireless anda tidak akan mati lagi, tapi dengan kekurangan konsumsi daya baterai anda meningkat. Pertimbangkanlah dengan bijak.

Tulis komentar...