Mencoba First Media

Akhirnya saya mendapatkan kesempatan merasakan First Media (Fast Net) tapi milik teman saya karena di Malang – tepatnya di wilayah rumah saya – masih belum termasuk coverage areanya. Dan saya sendiri masih menggunakan ISP lain dan belum ingin pindah. Hehe. 😀 Mumpung saya ada kesempatan akhirnya saya coba – coba. Kalau dihitung – hitung sudah 3 ISP baru (MyRepublic, First Media, MNC Play Media) berbasis Fiber Optic masuk Malang tahun 2015 ini. IndiHome tidak sendirian sekarang.

Sedikit keterangan dulu, teman saya ini berlangganan paket COMBO D’LITE X1 HD dimana bandwidth 6Mbps dan TV kabel dengan total channel 106, harganya Rp.279.000 per bulan belum termasuk PPN 10% dan biaya sewa perangkatnya. Selengkapnya bisa melihat di halaman tarif First Media. Tapi yang nanti saya bahas cuma internetnya, karena TV kabel standar saja nanti dapat decoder – pasang ke televisi – setel. Cuma dibatasi channelnya tergantung anda langganan paket yang mana.
tarif-berlangganan-first-media

Saat saya uji kecepatannya memang maksimal dapatnya sekitar 6Mbps, ini sudah diulang – ulang dan saya mengeceknya jam 12 malam lewat. Haha. 😀 Sekalian nongkrong dan begadang di rumahnya. Nilai pingnya juga optimal di angka 15msan, cocok buat ngegame karena butuh respon yang cepat dan stabil.

Link ke hasil pengujian bandwidth First Media: http://www.speedtest.net/my-result/4743168081
Link ke hasil pengujian bandwidth First Media: http://www.speedtest.net/my-result/4743168081

Proses mendaftarkan pelanggan dan teknisinya datang untuk instalasi cukup cepat katanya, cuma butuh 3 hari. Tapi yang bikin saya kagum dapat router WiFinya Cisco DPC3230, merek yang kualitasnya ada jaminan dibandingkan FiberHome, Huawei dan sebagainya. Cukup modal juga ya First Media ini.
cisco-dpc2320

Nah… selanjutnya saya share pengalamannya selama berlangganan FastNet selama ini:

  1. Internetnya stabil buat ngegame online, jarang terjadi packet loss. Agak terjamin lah koneksinya.
  2. Saat terjadi masalah biasanya bukan bersifat internet mati total atau dari pusat, kemungkinan katanya ngeglitch sistem First Media. Solusinya selama ini cukup restart modem.
  3. Nonton video YouTube misalnya bisa tanpa buffering kalau dipakai sendiri dan resolusinya 720p.
  4. TV kabelnya lumayan buat nonton yang channel HD dan fitur rewind cukup membantu melihat yang kelewatan jam tayangnya.
  5. Sedangkan pelayanan customer servicenya bisa dikatakan cukup, ada masalah akan mendapatkan tanggapan. Terutama kalau ada pertanyaan mengenai billing. Sedangkan teknisinya harus bikin janji dulu baru didatangi.

Sekian dulu, semoga bisa menjadi referensi kalau anda ingin mencoba Internet Service Provider ini. Bagaimana dengan pengalaman anda? Silahkan diceritakan. 🙂

15 pemikiran pada “Mencoba First Media”

  1. Gan, tau coverage area untuk first media sama mnc play daerah kota malang kah? Kalo tau share y, soalnya pengen coba myrepublic blm ter-cover daerah saya

  2. Hmm Saya jadi penasaran nih sama ISP yang ini. Tapi paketnya masih kelewat mahal sih dibandingin sama ISP sebelah. Tapi kalau misalnya hampir gak ada gangguan dan pelayanan teknisi yang amburadul sih saya kira bisa juga sih pindah. Moga2 area saya masuk coverage mereka.

    • Kalau dibandingkan tarifnya sih memang lebih mahal mas,sekarang lagi promo 1 tahun jadi masih bersaing. Tapi teman saya di Sidoarjo kena 402ribu untuk paket yang sama ditambah biaya PPN 10%, sewa router dan STB (sendiri – sendiri). Jadi cukup mahal juga kalau dirinci.

      Ini saya belum dapat sih datanya wilayah First Media di Malang, tapi tampaknya dari yang saya tahu saling menghindari area ISP lain. Biar cepat menguasai wilayah tertentu dan kalau langsung bersaing ga imbang sama usahanya mungkin.

      Update 1 November 2015:

      Ternyata saya banyak salahnya mas, tadi dapat informasi dari teman yang lain di Malang cukup luas coverage areanya. Di Dieng, Tidar, jalan pulau-pulauan juga termasuk. Agak kaget juga soalnya tidak pernah kelihatan pemasangan jaringan FOnya, mungkin kerjasama dengan ISP lain ya.

      Brosur First Media Malang: http://ispnesia.com/index.php?topic=25.0

  3. Kak review Java Vision dong, sekarang saya masih pakai MNC Play Media. Harga awal diskon 50% selama setahun, bulan Juni terakhir diskon dan harga akan kembali normal sekitar Rp 400.000an perbulan. Kira2 apa yang murah tapi lumayan bagus?

    • Java Vision bukannya hanya tv kabel ya mbak?

      Kalau ga perlu TV kabel bisa coba MyRepublic (290ribuan untuk 30 Mbps) atau Biznet Home (250ribuan untuk 24Mbps).

      Tips saja, coba mbak ajukan pemutusan berlangganan dan kadang akan ditawarkan perpanjangan promo. Lakukan ini setiap kali promonya mau habis.

    • Sudah pasang Java Vision 2 minggu lalu. Ada wifinya mas hanya saja sering gangguan dan lemot. Terimakasih usulannya nanti mau coba My Republic 🙂

  4. Gan rencananya saya mau pasang wifi nih daerah JakBar . Mending mana ya gan ? First media atau MNC play media gan ? Kebutuhan nya sih cuma pake wifi internet buat youtube an sekeluarga gan hehehe . Bagus nya yg mana ya gan tq .

    • Sama bagusnya sih mas, bandwidth yang ditawarkan untuk kelas harga yang sama itu kurang lebih sama. Tinggal tv kabelnya saja mas suka yang mana.

      Tapi kalau pribadi sih ya ambil First Media tidak salah kok mas.

Tulis komentar...