Mendaftarkan website ke MajesticSEO

Melacak berapa banyak backlink ke website atau blog anda sebenarnya sudah bisa dilihat di Google Webmaster, tapi kecepatan updatenya termasuk lambat. Anda bisa menggunakan layanan dari pihak ketiga untuk memantau berapa banyak link yang mengarah ke domain anda, kapan dan dari mana dengan cukup akurat dan cepat.

Salah satu layanan terbaik adalah dari MajesticSEO, anda bisa langsung mencoba kemampuan analisa dari MajesticSEO dengan memasukkan alamat website anda di halaman utama.

majesticseo

Anda akan melihat hasil dari analisa backlink dan statistik lainnya dihalaman ini.

majesticseo-site-explorer-summary

Secara sekilas beberapa bagian informasi tidak bisa diakses, anda bisa melihat secara penuh semua informasi mengenai situs dan backlink anda dengan verifikasi kepemilikan situs ke MajesticSEO.

Anda bisa mendaftar akun MajesticSEO disini.

Melakukan verifikasi domain

Lakukan login ke akun MajesticSEO setelah mendaftar, akses Majestic Site Explorer? masukkan nama domain anda dan klik tombol “Explore”. Anda bisa melihat informasi mengenai website anda sekilas disini, untuk melihat semua informasi yang ada klik tombol “Verify”.

majesticseo-site-explorer-backlinks

Anda akan dialihkan ke halaman baru dan menginformasikan mengenai kelebihan apa yang ditawarkan bila website anda telah diverifikasi. Salah satunya anda bisa melihat analisa juga data lengkap website dan domain anda dengan gratis. Klik tombol “Verify” untuk melanjutkan proses verifikasi.

majesticseo-verify-domain

Pastikan nama domain yang anda masukkan sudah benar dan klik tombol “Verify” lagi.

Anda akan dialihkan ke halaman “Webmaster Tools Domain Verification Wizard” dan disini diberikan 3 buah cara untuk melakukan verifikasi kepemilikan website.

  1. <meta> tag – Menggunakan tag <Meta>, cara ini menambahkan informasi teks meta tertentu yang diberikan oleh MajesticSEO. Gunakan cara ini bila tidak ada akses terhadap hosting anda, biasanya blogger dan wordpress.com menggunakan metode ini.
  2. Text file – Mengupload file teks ke hosting website anda menggunakan program FTP.
  3. Google? Webmaster Tools – Melakukan hubungan antar akun Google Webmaster dengan MajesticSEO, bila anda memiliki akun Google Webmaster dan sudah memasukkan website yang ingin anda verifikasi bisa menggunakan cara ini.

majesticseo-webmaster-tools-domain-verification-wizard

Disini saya menggunakan cara upload file teks.

majesticseo-webmaster-tools-domain-verification-wizard-text-file

Download file teksnya dan upload ke hosting website anda, pastikan file teks tersebut bisa diakses setelah diupload. Kemudian klik tombol “Verify”. Anda akan dialihkan ke halaman “Verified Domains”, bila sukses anda akan bisa melihat website anda memiliki status “Verified” dan “Verification Failed” jika sebaliknya.

majesticseo-site-verified-domains-success

Membuat report lengkap website

Untuk melihat informasi backlink secara lengkap buatlah report, yaitu dengan memilih salah satu tombol di sebelah nama domain dengan simbol kertas dengan tanda + dinamakan “Create a free report”.

Pilih tipe report dan tingkat detail report yang ingin anda buat disini, Fresh index menggunakan informasi terbaru dalam rentang waktu tertentu dan Historical index menggunakan informasi sejak awal.

majesticseo-create-a-report

Anda akan melihat pesan informasi pembuatan report selesai dan anda bisa melihatnya di halaman Reports.

majesticseo-report-created

Dibagian Reports anda bisa melihat seluruh laporan yang telah anda buat mengenai domain dan website anda, simbol petir menunjukkan penggunaan fresh index dan bangunan untuk historical index.

majesticseo-reports

Silahkan klik pada domain anda untuk melihat informasi lengkap dan analisa yang ada untuk website anda.

14 pemikiran pada “Mendaftarkan website ke MajesticSEO”

    • oh ya mas saya paham. terimakasih..
      saya mau tanya lagi..
      minggu2 kemarin kan postingan diblog saya banyak yang terindex google, tapi entah mengapa setelah beberapa hari berikutnya saya coba cek dengan cara site:namablogku tak ada satupun yang terindex.
      itu kenapa ya mas?

    • Antara Google Dance atau blog anda deindex. Saya bukan ahli SEO lho mas, jadi pengetahuan saya terbatas untuk urusan seperti ini. 🙂

    • Halo Donahanzen, di panel blogspotnya sudah tidak ada opsinya mas? Saya sudah lama ga pakai Blogspot soalnya. Tapi syarat – syarat umum untuk registrasi AdSense sih seingat saya:
      1. Harus ada halaman Privacy Policy, About dan Contact Us.
      2. Sudah ada trafik dan kontennya.
      3. Tidak membahas hal – hal yang dilarang AdSense.
      4. Tidak melanggar hak cipta, baik secara tulisan dan gambar.
      Mungkin ada lagi yang terlewatkan.

Tulis komentar...