Mengagumi indahnya peta kernel Linux

Linux sebagai sistem operasi open source memberikan anda akses untuk melihat isi, struktur dan source code dari kernelnya. Kernel adalah kumpulan program dasar yang ada pada setiap sistem operasi yang bertugas menangani permintaan input/output dan menerjemahkannya ke Centar Processing Unit (CPU) atau ke komponen hardware lainnya dalam komputer. Tentunya dengan desktipsi singkat diatas dapat diketahui seberapa vitalnya peran kernel dalam suatu sistem operasi.

Kalau anda langsung membaca source codenya yang bisa dikatakan memiliki kompleksitas tinggi dijamin anda akan merasa tersesat dalam hutan lebat, lebih baik anda melihat secara keseluruhan terlebih dahulu susunan kernel Linux dengan melihat petanya. Anda juga bisa jadi mengagumi keindahan struktur kernel Linux dan tahu hubungan antar satu bagian kernel dengan yang lainnya.

linux-kernel-map

Peta kernel Linux yang ditampilkan ini juga bersifat interaktif, anda bisa menggesernya, melakukan zoom dan setiap komponen yang tertulis berupa link sehingga dapat diklik kalau anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai salah satu program di kernel Linux.

linux-kernel-map-navigation

Dokumentasinya juga tertata rapi dilengkapi dengan penjelasan dan dimana letaknya secara spesifik juga lokasi lainnya pada program yang memanggilnya.

linux-cross-reference

Bagi anda yang ingin belajar mengenai desain sistem operasi dan kernelnya, peta kernel Linux ini akan membantu anda memahaminya dengan lebih mudah dan relatif lebih cepat. Lebih baik lagi dengan melihat indah dankompleksnya kernel Linux ini anda tergerak untuk ikut terlibat dalam proyek pengembangan software open source, apapun itu juga.

Tulis komentar...