Mengaktifkan Click To Play Plugin di Mozilla Firefox

Pernahkah anda membuka suatu halaman web dan kemudian semua audio dan video tiba – tiba dimainkan? Tentu sangat mengganggu bila ada lagu atau video yang tiba – tiba dimainkan tanpa seijin anda, lain kalau anda memang sengaja memainkannya. Selain kadang mengejutkan saat browsing, memperlambat akses website dan dengan bandwidth di Indonesia yang terbatas akan mengurangi kecepatan koneksi internet anda.

Mozilla Firefox mempunyai fitur rahasia untuk mencegah situasi ini. Anda tinggal mengikuti langkah – langkah berikut untuk mengatasi masalah ini.

Buka Mozilla Firefox dan ketikkan about:config di address bar.
mozilla-firefox-about-config

Anda akan mendapati pesan peringatan, klik “?I?ll be careful, I promise!? untuk melewatinya.
about-config-this-might-void-your-warranty

Sekarang cari plugins.click_to_play
about-config-plugins-click-to-play

Ubah nilainya dengan klik kanan > Toggle atau double click pada entry ini untuk mengubah nilainya menjadi “true”. Kembalikan menjadi “false” untuk mematikan fungsi Click To Play di Mozilla Firefox.
about-config-plugins-click-to-play-toggle

Setelah selesai restart Firefox untuk menerapkan perubahan konfigurasi, tapi tidak harus ini hanya untuk memastikan saja. Kemudian buka YouTube dan pilih video apapun, anda akan melihat pesan “Activate Adobe Flash” di setiap bagian yang semestinya menampilkan video dengan bantuan plugin Adobe Flash. Bila anda ingin memainkan video tersebut, tinggal klik saja di kotak pemberitahuan tersebut dan video akan otomatis dimainkan seperti biasa.
mozilla-firefox-activate-adobe-flash

Anda bisa juga mengaktifkannya melalui icon kecil di sebelah url website yang anda kunjungi, anda dapat menghidupkan plugin Adobe Flash untuk sesi kali ini saja. Dengan setting lebih lanjut anda dapat mengatur bahwa plugin yang dibutuhkan akan selalu aktif untuk website ini atau tidak pernah sama sekali.
would-you-like-to-activate-the-plugins-on-this-page

Click To Play tidak terbatas pada plugin Adobe Flash saja, semua file yang membutuhkan plugin untuk menampilkannya di Mozilla Firefox akan memiliki pesan pemberitahuan yang sama dengan nama plugin yang dibutuhkan.

Tulis komentar...