Mengaktifkan Copy as path di Windows

Salah satu fitur baru yang ada sejak Windows 7 adalah opsi Copy as path saat klik kanan di file atau folder dalam Windows Explorer. Fungsinya sederhana tapi sangat membantu kalau kita sering melakukan manipulasi file dan folder dalam pekerjaan. Yakni menyimpan lokasi file dan folder terpilih dalam clipboard, singkatnya bisa dicopy-paste lokasinya dengan mudah. Bukan file atau foldernya yang dicopas lho ya.

Aslinya untuk memunculkan menu ini sangat mudah, tinggal tahan tombol Shift sambil klik kanan. Nanti akan ada opsi Copy as path didalamnya. Tapi kadang repot juga kalau sedang mengurus banyak hal dan harus menekan Shift setiap diperlukan. Lebih enak lagi kalau selalu ada kan?
windows-7-copy-as-path

Kalau anda membutuhkannya maka perlu menambahkan fitur ini secara manual lewat registry Windows, tidak sulit sebenarnya tapi cukup merepotkan. Karena itu sudah saya buatkan file registrynya (.REG) yang tinggal anda gabungkan ke registry Windows anda. Silahkan saja langsung download file berikut: http://utekno.com/wp-content/uploads/2016/04/windows-copy-as-path.reg

Saya sudah coba dan bisa digunakan di Windows 7, 8, 8.1 dan 10 tanpa adanya masalah. Tapi namanya memodifikasi registry tetap saja anda patut berhati – hati.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...