Mengaktifkan game dengan Steam key di Steam

Penggunaan Steam sekarang menyebar secara perlahan di Indonesia sebagai platform untuk bermain game pilihan. Kemudahan yang ditawarkan untuk manajemen game yang dimiliki sekaligus pasar game dengan diskon dan obral rutinnya dari waktu ke waktu menjadi kelebihan. Fasilitas Steam key diberikan sebagai layanan bila anda membeli game di tempat lain dan ingin mengaktifkan game tersebut dalam Steam.

Sebagai catatan pastikan dulu game yang anda beli memang mendukung Steam sebagai platform distribusi game tersebut, rugi bila anda membeli game dengan maksud menambahkan ke library game steam anda tapi tidak bisa dilakukan. Mendapatkan Steam key sendiri tidaklah harus dengan membeli sendiri, kadang ada pembuat game yang akan memberikannya dengan gratis – DOTA2 termasuk dalam kategori ini sebelumnya, dengan masa Beta banyak Steam key yang dibagikan. Beberapa game online juga menggunakan Steam sebagai distributor gamenya dan biasanya tersedia tanpa biaya juga. Harapannya anda akan memberikan saran dan kritik terhadap game tersebut juga menguji kemampuan infrastruktur game tersebut bila dimainkan secara massal.

Sekarang anda telah mendapatkan kode aktivasi Steam key, apa yang dilakukan selanjutnya? Bila anda belum memiliki program klien Steam silahkan download terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut untuk cara mengaktifkan steam key.

Kemudian silahkan login ke akun Steam anda, buatlah bila belum memilikinya. Tampilan program klien Steam akan mirip gambar dibawah.
steam-interface-july-2013

Buka menu Game dan pilih “Activate a Product key on Steam…”.
steam-activate-a-product-on-steam

Anda akan dialihkan ke halaman awal aktivasi produk dengan kode. Klik Next untuk melanjutkan.
steam-product-activation

Halaman persetujuan pelanggan akan muncul, klik I Agree untuk maju ke tahap berikutnya.
steam-subscriber-agreement

Isikan kode aktivasi Steam key dari game anda disini, biasanya memiliki format 1AB2C-D3FGH-456I7-JK8LM-NOP9Q atau 1AB2C-D3FGH-456I7.
steam-enter-product-key

Proses aktivasi akan dimulai, tunggu sesaat.
steam-activating-key-with-steam

Ada 3 jenis pesan kesalahan yang bisa terjadi pada saat mengaktifkan steam key, yaitu:

  • Bila kode aktivasi Steam anda salah maka akan muncul pesan “Invalid Product Code”, pastikan kode yang anda masukkan sudah benar.steam-invalid-product-code
  • Sedangkan bila ternyata steam key yang anda miliki sudah diaktifkan oleh orang lain akan muncul pesan “Duplicate Product Code”.steam-duplicate-product-code
  • Terakhir, ternyata kode aktivasi game tersebut sudah anda aktifkan sendiri di akun Steam milik anda sendiri yang ditandai dengan pesan “Product Already Owned”.steam-product-already-owned

Bila proses aktivasi kode berhasil anda akan dialihkan ke halaman dengan pesan “Activation Successful”
steam-activation-successful

Disini anda bisa mencetak kwitansi bila anda menginginkan atau membutuhkannya, klik pada “Print Receipt”.
steam-receipt-for-your-key-subscription
Proses instalasi game Steam yang telah anda aktifkan akan dimulai dari sini.Klik Next untuk memulai proses install game.
steam-install-game

Pilih shortcut game akan dimunculkan dimana saja.
steam-create-shortcut

Selanjutnya anda tinggal menunggu proses instalasi game selesai, entry dari game ini akan muncul di library steam dan anda akan dapat memainkan game tersebut.
steam-installing-game

Sebenarnya tidak hanya game saja yang tersedia dalam Steam, anda dapat membeli software juga disini. Jadi mungkin saja anda memiliki kode aktivasi software yang menggunakan Steam sebagai platform distribusinya, cara mengaktifkannya akan sama. Beberapa software populer seperti ACDSee, GameMaker, RPG Maker VX Ace, Magix Movie Edit Pro dan sebagainya telah tersedia di Steam.

Bila anda ingin mendapat key untuk game Steam dengan murah, silahkan anda baca artikel berikut:

19 pemikiran pada “Mengaktifkan game dengan Steam key di Steam”

    • Halo Geri, cari Steam Key gratisan sebenarnya tidak sulit kok cuma game – game yang dibagikan belum tentu anda suka. Saya sering mengikuti tawaran baru disini: https://www.reddit.com/r/FreeGamesOnSteam Kalau anda tidak bisa mengaksesnya harap memakai proxy atau vpn karena situs Reddit memang diblokir di Indonesia.

      Misal anda atau teman memiliki dana di PayPal/Kartu Kredit maka membeli bundel game di situs seperti Humbe Bundle, IndieGala, Groupee, BundleStars dan masih banyak lagi. Rata – rata cuma membutuhkan $1 saja untuk beberapa game Steam sekaligus.

    • Halo Alex, From Dust mas? Ini game berbayar mas…

      Kalau mau beli bisa dari Steam langsung atau dari situs – situs lain yang menjual keynya. Setahu saya Humble Bundle, GreenManGaming, atau bahkan Kaskus ada mas.

  1. Ane mau nanya gan, misal beli csgo pake akun saya, saya login di komputer saya, lalu saya login di lain komputer, apakah saya harus beli lagi?

    Balas
    • Akunnya sama kan mas? Ya aman tidak perlu beli lagi. Tapi nanti akan diminta verifikasi ganda lewat kode unik di email atau SMS kalau loginnya dari komputer yang bukan biasanya.

  2. Mau nanya bro, aku kan sudah punya serial key untuk download di steam,sudah install steam pakek akun yang pertama dan sudah download gamenya juga, tapi aku mau login lupa name sama pasword buat masuk steam, nah pertanyaannya, apakah bisa buat akun baru lagi terus mau download gamenya menggunakan serial Kay punya saya yang pakek akun pertama?

    Balas
  3. mau nanya bro.. kalau saya udh instal dan beli game steam di komputer saya sndri trus saya ke warnet mau main game itu apa hrs download ulang ?

    Balas
    • Di warnet ada gamenya tidak mas? Kalau tidak ya perlu download ulang.

      Kalau mau ya simpan di flashdisk dan nanti diarahkan lewat Steam disana.

Tulis komentar...