Mengaktifkan hardware video decoding di Opera

Opera memang sekarang tidak sepopuler dulu sejak adanya Mozilla Firefox dan Google Chrome, tapi para penggemar setianya masih menggunakannya di Windows dan di Android masih cukup berjaya. Kali ini kasusnya sederhana, kadang kalau memutar video MP4, H.264, WEBM dan sebagainya sering patah – patah. Baik dari YouTube, DailyMotion, dan sebagainya.

Akhirnya setelah mencari – cari solusinya ketemu ada dua opsi yang defaultnya dalam keadaan nonaktif. Jadi silahkan ketikkan dulu opera:flags dalam kotak alamat dan tekan ENTER. Kemudian carilah dengan kata hardware dibawah kotak Experiments.

opera-hardware-video-decoding

Ada 2 opsi yang berhubungan, pastikan Platform hardware accelerated video decoding dalam keadaan Enabled dan Hardware-accelerated video decode dalam keadaan Disable (bukan berarti dimatikan, tapi klik tombol tersebut untuk mematikannya).

Setelah itu silahkan restart browser Opera dan setting barunya akan digunakan. Dari percobaan saya dengan menggunakan netbook ala kadarnya setidaknya memang lebih lancar kalau streaming video dengan resolusi 720p. Kalau naik ke 1080p sama saja ngelag. Haha. 😀

Misal gambar videonya rusak atau pecah berarti tidak kompatibel dengan penggunaan VGA/CPU untuk membacanya. Coba update drivernya kalau bisa, kalau tidak ya terpaksa dinonaktifkan.

Semoga bermanfaat. 😉

Tags:

Leave a Reply