Cara mengaktifkan Internet Banking BCA

Ada beberapa pengunjung yang ingin tahu bagaimana cara mengaktifkan fasilitas Internet Banking BCA di pembahasan saya mengenai cek saldo BCA secara online. Karena tampaknya masih banyak yang bingung atau tidak tahu, dan ada yang salah paham untuk loginnya menggunakan email dan pin ATM maka akan saya jelaskan prosedurnya berikut ini.

Proses aktivasi Internet Banking BCA (KlikBCA) ada 2 macam, lewat ATM atau melalui customer service BCA. Tergantung kebutuhan anda yang menjadi pembeda adalah kalau melalui ATM hanya bisa digunakan untuk cek saldo dan data transaksi. Sedangkan melalui customer servicenya akan sekaligus diberikan KeyBCA sehingga kita bisa melakukan transfer atau jenis transaksi lainnya. Terserah anda yang pastinya.

Aktivasi Internet Banking BCA melalui ATM

Yang anda butuhkan cuma kartu ATM BCA dan mesin ATMnya. 😀 Selanjutnya ikuti langkah – langkah berikut:

  1. Seperti biasanya masukkan kartu ATM anda dan isikan nomor PINnya.
  2. Pilih E-Banking/Daftar Auto Debet.
  3. Pilih Internet Banking.
  4. Anda akan diminta memasukkan PIN sebagai password dari akun KlikBCA anda nantinya. Ini bisa anda samakan dengan PIN kartu ATM anda. Proses ini akan dilakukan 2 kali sebagai konfirmasinya.
  5. Pada layar mesin ATM akan muncul nama user Internet Banking BCA dan detail informasi tambahan lainnya.
  6. Seharusnya juga akan dicetak struk yang berisi data yang sama, kalau tidak harap anda catat sendiri.

Setelah itu tinggal anda akses situs KlikBCA dan login menggunakan username dan password yang telah anda tentukan tadi. Pilih Login Individual. Semestinya anda akan diminta melengkapi data akun KlikBCA dengan alamat email, nomor kartu ATM 16 digit, Bahasa dan semacamnya.

klikbca

Setelah itu anda bisa mencoba untuk mengecek saldo, melihat daftar riwayat transaksi dan mendownload datanya dalam bentuk file Excel.

Aktivasi Internet Banking BCA lewat customer service

Kalau anda ingin melakukan transaksi online maka akan membutuhkan KeyBCA dan tentu saja aktivasi Internet Bankingnya, tapi proses pengaktifan Internet Banking BCA lewat ATM bisa anda lewati karena customer service BCA juga akan membantu anda dalam prosesnya nanti. Kalau bisa anda datangnya pagi saja karena lama antriannya bisa berjam – jam. 😀 Yang pasti kalau anda sudah pernah mengaktifkannya jangan sampai lupa apa username dan passwordnya seperti saya. 🙁 Karena ini nanti akan digunakan untuk mengaktifkan KeyBCA pada akun kita.

Nah… kembali ke fokus pembicaraan. Yang dibutuhkan adalah: Buku Tabungan, Kartu ATM, dan KTP dan sisanya adalah menunggu mbak – mbak CS-nya mengisi berbagai macam formulir dan kita cuma tanda tangan saja. Nanti untuk KeyBCAnya akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah dan akan langsung diambil dari saldo rekening tabungan kita. Sudah itu saja dan sekaranga anda sudah dapat bertransaksi melalui internet. Kecuali anda lupa apa password KlikBCA seperti saya dan perlu mengaktifkan KeyBCA sendiri di rumah, nanti akan saya tuliskan panduan langkah demi langkahnya.

Sebenarnya saya juga ingin mengaktifkan Mobile Banking BCA agar bisa bertransaksi lewat handphone (SMS), tapi saya tunda dulu karena masih belum seberapa paham sistemnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...