Mengaktifkan komputer dari Sleep menggunakan tombol tertentu dengan SuperSleep

Layar monitor dan komputer sekarang telah memiliki manajemen daya dan kemampuan sleep untuk menghemat daya jika tidak sedang digunakan. Sayangnya bila ada tombol manapun yang tertekan baik sengaja atau tidak maka monitor akan langsung aktif kembali, batal sudah menghemat penggunaan listrik.

Akan lebih baik bila monitor keluar dari mode sleep hanya bila tombol tertentu yang ditekan, ini bisa berupa satu tombol atau kombinasi lebih dari satu tombol. SuperSleep adalah aplikasi gratis yang tepat untuk mengubah perilaku sleep di Windows, anda bisa memodifikasi reaksi software ini bila ada tombol yang telah ditentukan ditekan.

Efek positif lainnya anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melindungi privasi anda saat komputer ditinggal, karena komputer anda hanya akan aktif bila telah menekan kombinasi tombol yang telah ditentukan sebelumnya. Aplikasi ini berjalan di system tray Windows dan memiliki tampilan yang sangat sederhana, anda bisa memerintahkan untuk Sleep, Shutdown, Restart dan Hibernate dari pilihan yang diberikan.

supersleep

Secara default tombol untuk mengaktifkan SuperSleep adalah Ctrl+F9 dan untuk membangunkan komputer dari tidur ini adalah Ctrl+F10. Anda bisa mengganti hotkey yang digunakan dengan mengakses settings SuperSleep.

supersleep-settings

Tombol yang sedang aktif akan terlihat dibagian bawah setiap kotak input yang bertuliskan “Current hotkey”.

Sekarang komputer dan monitor anda tidak akan asal terbangung begitu saja apabila ada goncangan atau tombol yang tertekan, kecuali yang tertekan adalah kombinasi tombol untuk membangunkan dari mode Sleep di Windows.

Tulis komentar...