Cara mengaktifkan Multiprocess Firefox

Mungkin bagi pengguna setia si rubah api pernah membandingkan dan tahu betapa ringannya Google Chrome. Ini disebabkan pada Chrome satu tab browser tidak mempengaruhi tab lainnya, bisa dicek pada task manager akan banyak sekali prosesnya sebanding dengan jumlah tab terbuka.

Dengan rilis Mozilla Firefox 54.0 kemarin menambahkan satu fitur signifikan dalam urusan performa yakni Multiprocess yang satu konsep. Jadi tidak akan ada lagi satu tab kerja keras dan akibatnya kita tidak bisa browsing lagi sampai selesai loadingnya.

Bagaimana kita tahu kalau sudah aktif? Silahkan ketikkan alamat about:support dan ENTER. Pada baris Multiprocess Windows atau Jendela Multiproses, kalau isi tulisannya disabled by addons atau dinonaktifkan oleh pengaya maka belum aktif disebabkan ada addon Firefox yang belum kompatibel.

Terus bagaimana? Apalagi kalau addon tersebut penting bagi aktivitas online anda tentu jangan dihapus bukan? Ada satu solusi untuk memaksa agar Multiprocess Firefox ini aktif. Kita perlu mengakses about:config dan ENTER.

Kemudian buat konfigurasi baru bernama browser.tabs.remote.force-enable dengan tipe Boolean dan pastikan nilainya adalah True. Kemudian restart browsernya.

Setelah itu pasti anda akan merasakan bedanya. 😉

Leave a Reply