Mengalihkan alamat www ke non-www dengan DNS record

Alamat website yang diawali dengan www atau langsung nama domain? Ternyata hal ini bisa menjadi masalah sehingga banyak pro dan kontranya. Terlepas apakah alasan anda menginginkan salah satu sistem pengalamatan website diatas karena faktor SEO atau kebiasaan saja keduanya akan saya ajarkan caranya dengan memakai sistem web forwarding melalui record DNS server dari domain anda.

Jadi sebenarnya kita tidak perlu repot – repot menggunakan file htaccess dan mengedit isinya karena bila anda menggunakan Blogspot atau WordPress sendiri juga tidak ada, ada cara yang lebih mudah dan kalau anda sudah berhasil membuat blog atau website maka bisa langsung memanfaatkan pengaturan DNS record dari domainnya.

Terlepas dari apapun solusi DNS Hosting yang anda pakai, bisa dari cPanel atau menggunakan layanan pihak ketiga seperti Hurricane Electric – anda cukup membuat sebuah record bertipe CNAME dan mengisikan subdomain www menuju domain utama. Misal www.utekno.com ke utekno.com.
nsone-add-new-record
Gambar diatas adalah dari layanan DNS hosting gratis NSONE, bisa anda jadikan referensi bagaimana setting redirect www menuju non-www secara umum. Simbol @ (at) bisa diganti menjadi kosong, ini tergantung konfigurasi DNS hosting anda apakah menganggap karakter @ atau harus dikosongkan untuk menandakan domain utama.

Semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Mengalihkan alamat www ke non-www dengan DNS record”

Tulis komentar...