Mengamankan akun Facebook anda dengan mudah

Apakah anda curiga ada orang lain yang mengakses akun Facebook anda? Tentu anda akan frustasi bila anda yakin tapi tidak bisa membuktikannya. Mungkin yang terjadi adalah password anda mudah ditebak atau anda lupa logout dari komputer yang bisa digunakan umum (warnet, kampus, komputer teman) disuatu tempat. Kalau anda tahu cara mengamankan akun Facebook anda juga memastikan ada tidaknya orang yang masuk ke akun Facebook anda tentu akan menenangkan pikiran anda.

Tentu anda bisa saja langsung mengganti password, tapi biasanya anda tidak ingin mengannti password yang telah anda gunakan dalam waktu lama. Tapi ada cara lainnya untuk memastikan akan terjadinya aktivitas mencurigakan di akun Facebook anda dan beberapa langkah yang dapat meningkatkan keamanan akun Facebook anda. Tidurpun jadi nyaman bukan?

Fitur yang akan saya jelaskan adalah security settings yang terdapat pada Facebook yang akan membantu mengamankan akun Facebook anda dari orang – orang yang berniat tidak baik.

Silahkan klik Home (atau Beranda di pojok kanan atas) > Account Settings > Security.
Facebook Account Settings

Anda akan melihat beberapa opsi disini yang berhubungan dengan keamanan akun Facebook anda.

Facebook Security Settings

Kalau anda terapkan beberapa atau semua opsi disini, kemungkinan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan pada akun Facebook anda sangatlah kecil.

Secure Browsing

Anda akan menggunakan Facebook dengan konkesi yang dienkripsi (HTTPS) shingga apa yang anda lakukan tidak bsia disadap atau dibajak oleh orang lain. Saya sarankan diaktifkan saja.

Facebook Security Settings Secure Browsing
Login Notifications

Setiap ada yang masuk ke akun Facebook anda, anda kana diberitahu melalui media yang anda tentukan sebelumnya (Email dan SMS), jadi anda akan selalu tahu seluruh akses yang terjad di akun Facebook anda.

Facebook Security Settings Login Notifications
Login Approvals

Setiap anda atau orang lain login dari perangkat yang belum pernah digunakan mengakses akun Facebook anda akan diminta kode keamanan tambahan.

Facebook Security Settings Login Approvals
App Passwords

Adalah Passwords yang khusus anda ciptakan untuk akses App di Facebook.

Facebook Security Settings App Passwords
Recognized Devices

Bila anda mengakses Facebook dari perangkat – perangkat yang telah dikenali, anda tidak akan diberi pesan mengenai akses ini dan tidak perlu melakukan konfirmasi identitas. Gunakan hanya dari perangkat anda pribadi supaya tidak diganggu pemberitahuan akses dan permintaan kode keamanan.

Facebook Security Settings Recognized Devices
Active Sessions

Anda bisa melihat aktivitas yang pernah terjadi dan sesi yang aktif pada akun Facebook anda disini, perhatikan apakah anda memang pernah masuk ke Facebook dari lokasi – lokasi yang ditampilkan. Kalau ada yang tidak anda kenali, anda harus segera mematikan sesinya yang aktif dan mengganti password anda sebelum terlambat.
Facebook Security Settings Active Sessions

Hal – hal diatas mampu mengamankan dan mencegah sebagian besar usaha orang yang ingin meng-hack akun Facebook anda, tapi janganlah lengah. Anda harus rutin mengawasi penggunaan Facebook anda.

Tulis komentar...