Mengatasi addon dimatikan pada Mozilla Firefox

Rilis Mozilla Firefox versi 43 membawa fitur keamanan baru: setiap addon yang terinstall dalam browser harus telah diverifikasi. Fungsinya untuk mencegah addon berbahaya seperti pencuri password, mata – mata aktivitas internet, pembajakan browser, injeksi iklan dan sebagainya bisa dicegah walaupun sudah terpasang.

Tapi kalau addon yang biasa dan menginstallnya dari Marketplace sih aman – aman saja, tapi kalau secara manual seperti dari IDM (Internet Download Manager) atau LastPass maka akan otomatis dinonaktifkan. Bila ada alternatifnya yang setara fitur dan kemudahannya sih tidak masalah, tapi rasanya banyak tidaknya daripada iyanya.
firefox-some-addons-have-been-disabled

Kalau anda mengeceknya pada jendela Addon Firefox maka akan muncul pesan: Some Add-ons have been disabled. Selengkapnya akan muncul peringatan seperti ini: IDM CC could not be verified for use in Firefox and has been disabled. Opsinya nanti antara dibiarkan atau dihapus.

Solusinya antara mencari alternatifnya, mengupdate addon tersebut ke versi terbaru atau menginstruksikan Firefox agar mengabaikannnya dan mengaktifkan kembali addon tersebut. Saya akan membahas cara yang ketiga, pertama silahkan ketik about:config pada address bar dan tekan ENTER. Nanti akan muncul pesan peringatan “This might void your warranty”, klik “I’ll be careful, I promise!” untuk melanjutkan.
firefox-about-config-xpinstall-signatures-required

Ketikkan kata signatures dalam kotak filter, dan kemudian pada konfigurasi xpinstall.signatures.required ubah nilainya dari true menjadi false. Selesai dan restart browsernya. Setelah itu addon yang dinonaktifkan otomatis oleh Firefox akan berfungsi normal kembali. Demikian cara mengatasi addon disabled pada Mozilla Firefox.

Semoga bermanfaat. 🙂

Update 4 Mei 2019.

Kalau anda membaca ini karena masalah addon/pengaya yang nonaktif massal maka solusi diatas hanya akan bekerja kalau anda menggunakan Mozilla Firefox dengan jenis Nightly dan Developer Edition. Apabila anda tidak paham jenis apa yang dipakai di komputer anda maka aman diasumsikan adalah jenis Vanilla. Singkatnya belum tentu mengatasi, kecuali anda menggunakan Firefox versi sebelum 66.0.

Ada juga solusi sementara untuk error addon firefox yang dimatikan ini.

29 pemikiran pada “Mengatasi addon dimatikan pada Mozilla Firefox”

  1. mas, kalau addons error ada pesan “could not be installed because it appears to be corrupted” itu solusinya gimana ya? belumketemu searching2 nih…
    thanks

  2. mas bro untuk Mozilla Firefox Nightly dan Firefox versi 69.02, saya sudah pake cara diatas dan tetap gagal. idm saya kena Block severity : hard dari mozilla. satu lagi dari catatan mas yg diatas, itu versi up/down ( 66.0.) ?? tolong info – Nya mengenai versi baru cara memperbaiki Extension block : IDM Integration Module

Tulis komentar...