Mengatasi “cgi-sys/defaultwebpage.cgi” pada website

Teman saya kemarin malam meminta bantuan saya untuk memindahkan hosting situs WordPressnya dari cPanel ke VestaCP, ini sebenarnya adalah hal yang mudah apalagi kalau proses migrasi data websitenya menggunakan plugin Duplicator (saya sangat merekomendasikannya). Jadi yang saya dapatkan adalah file backup manual cPanel berbentuk tar.gz dan juga database MySQLnya dalam format .sql. Sebetulnya sudah cukup, tapi tidak jadi cerita kalau semuanya lancar – lancar saja.

Setelah saya mengupload file – file konten situs dan databasenya semestinya cuma tinggal menyesuaikan konfigurasi WordPress melalui file wp-config.php sesuai dengan setting hosting yang baru. Saya coba akses langsung ke halaman administrasi WordPress dan berfungsi normal, bahkan beberapa halaman posting blognya saya cek acak juga bisa dibuka tanpa ada masalah. Ya saya tinggal tidur setelahnya. Haha. 😀

Eh pagi ini saya mendapatkan komplain pertanyaan kenapa halaman utama situsnya (misal: utekno.com) kok malah terjadi redirect ke utekno.com/cgi-sys/defaultwebpage.cgi dan muncul pesan kesalahan 404 – Page Not Found.

error-cgi-sys-defaultwebpage-cgi

Nah… ini saya juga heran kok bisa terjadi, diagnosa awal saya karena ada file yang membajak halaman indeks situsnya seperti index.html atau ekstensi lain. Saat dicek lewat FTP ternyata tidak ada masalah. 🙁

vestacp-ftp-public-html

Proses selanjutnya masih satu konsep yaitu memastikan permalink WordPress berfungsi normal dengan menyimpan skema urlnya lagi, dan ini sudah saya uji coba lagi halaman postingnya – masih tidak ada masalah – cuma halaman berandanya saja yang rusak tidak ditemukan. Tambah bingung saya liburan pagi – pagi kok malah stres. Haha. 😀

Dari hasil pencarian di Google tampaknya ini error yang khas dari cPanel, masalahnya saya melakukan migrasi ke VestaCP jadi seharusnya tidak terjadi. Karena WordPressnya bisa dikatakan normal, akhirnya saya cek file lain yang bukan dari CMSnya tapi ikut terbawa yaitu file .htaccess.

htaccess-cpanel-frontpage

Dan ternyata didalamnya selain setting untuk permalink WordPress saya menemukan yang lainnya dan tampaknya adalah warisan dari cPanel:
# -FrontPage-
IndexIgnore .htaccess */.??* *~ *# */HEADER* */README* */_vti*
order deny,allow
deny from all
allow from all
order deny,allow
deny from all
AuthName utekno.com
AuthUserFile /home/utekno/public_html/_vti_pvt/service.pwd
AuthGroupFile /home/utekno/public_html/_vti_pvt/service.grp

Yang saya lakukan selanjutnya untuk mengatasi error ini adalah menghapus apa yang bukan dibuat oleh WordPress, atau bisa saja anda mengosongkan semuanya dan nanti silahkan simpan ulang konfigurasi permalink WordPress dan plugin lainnya yang menuliskan setelannya di dalam file yang sama.

Kemudian silahkan buka halaman situs yang bermasalah tadi dari browser lain supaya tidak dimuat dari cachenya (matikan plugin cache sementara juga membantu), atau memuat dari browser yang sama dengan hard reload (CTRL+F5). Niscaya tampilan website anda berhasil diperbaiki dan akan normal kembali.

Semoga berhasil. 🙂

Satu pemikiran pada “Mengatasi “cgi-sys/defaultwebpage.cgi” pada website”

Tulis komentar...