Mengatasi error Hardware acceleration is unsupported or has been disabled on your graphics card.

Last Updated on Februari 5, 2021

Ada teman yang meminta tolong untuk upgrade laptop lamanya. Ya install Windows 10, ganti harddisk menjadi SSD dan nambah memori sudah cukup terasa bedanya. Apalagi kalau cuma dibuat tugas kantor. Tapi ada saja masalahnya, dimana teman saya ini profesi sampingannya adalah arsitek dan jelas pakai software spesifik untuk itu. Salah satunya SketchUp.

Saat SketchUp 2018 dijalankan malah muncul pesan error:

Hardware acceleration is unsupported or has been disabled on your graphics card. SketchUp requires that you use a hardware accelerated graphics card.
Unfortunately, these errors will prevent SketchUp from running. Updating your graphics card drivers might fix the problem.

Sambil cari tahu lebih dalam saya menemukan pesan kesalahan serupa untuk versi 2017

Your “Intel(R) HD Graphics” graphics card’s OpenGL version is 2.1. SketchUp requires a graphics card that supports OpenGL 3.0 or better.

Jadi penyebabnya jelas, GPU yang terpasang pada laptop sudah terlalu tua dan ada kemungkinan tidak didukung lagi. Pastikan sudah mengupdate versi drive grafis ke yang terbaru dulu. Bisa juga dicek pakai GPUZ versi berapa OpenGL yang didukung. Disini bisa dilihat Intel HD Graphics 5500 milik laptop saya bisa memakai OpenGL versi 4.6.

Apabila masih gagal maka solusi paling gampang tapi keluar uang, silahkan ganti laptop yang lebih baru atau memiliki VGA dedicated yang modern. Tapi kalau PC ya tinggal ganti GPU saja, lebih hemat.

Tapi tentu saja kalau solusi diatas bisa dilakukan ya tidak perlu melanjutkan ke alternatifnya. Tapi saya warning dulu, belum tentu cara berikut berhasil 100% karena lebih tergantung kemampuan dari model GPU yang ada. Tidak ada salahnya dicoba. Saat ini pasti gagal pada Windows 10 versi 1803 dan setelahnya yang lebih baru.

Cara mengatasi error Hardware acceleration is unsupported or has been disabled on your graphics card.

  1. Silahkan download driver Mesa3D yang release MSVC: https://github.com/pal1000/mesa-dist-win/releases
  2. Ekstrak isinya. Kalau file 7z-nya tiba-tiba hilang atau error saat dibuka, matikan antivirus dulu. Tampaknya berbahaya tapi ini disebabkan penggunaan scriptnya, dideteksi sebagai Trojan:Script/Woreflint.A!cl. Awalnya saya kira WinRAR saya error sampai install 7zip. Ternyata dimusnahkan Windows Defender.
  3. Kemudian eksekusi perappdeploy.cmd dengan klik kanan Run as administrator. Dan tekan ENTER untuk masuk ke prosesnya.
  4. Saya pakai SketchUp 2018, jadi lokasi Path to folder holding application executable isinya C:\Program Files\SketchUp 2018. Tentu saja adaptasikan dengan kondisi di komputer anda.
  5. Kemudian isikan nama programnya SketchUp. Application executable name with or without extension (optional, forces some programs to use Mesa3D which would otherwise bypass it).
  6. Isikan y pada This is a 64-bit application (y=yes).
  7. Dan y lagi pada Do you want Desktop OpenGL drivers (y/n, defaults to yes).
  8. Tetap y di Do you want Desktop OpenGL drivers (y/n, defaults to yes).
  9. Masih y pada Do you need OpenGL ES support (y/n).
  10. Kali ini isikan dengan n pada Do you need off-screen rendering (y/n).
  11. Kembali y di Do you need graw library (y/n).
  12. Dan y pada More Mesa deployment? (y=yes).
  13. Prosesnya akan kembali ke langkah nomor 4. Bisa diabaikan atau ditutup, sudah selesai tugas kita.
  14. Kemudian coba jalankan aplikasi SketchUp yang sebelumnya bermasalah. Semestinya akan normal dan bisa digunakan lagi.

Catatan saja, saya ingatkan kembali cara mengatasi error akselerasi hardware SketchUp diatas tidak mendukung Windows 10 versi terbaru. Jadi kalau anda merasa sudah melakukan dengan urut dan tidak ada kesalahan, tapi tetap error. Ya… mohon maaf tidak ada cara lainnya kecuali beli baru.

Tinggalkan komentar