Mengatasi error STATUS_BREAKPOINT

Last Updated on Maret 19, 2021

Pada saat browsing ternyata malah muncul pesan error “Aw Snap – Error Code: STATUS_BREAKPOINT“? Ya, saya juga barusan mengalaminya. Dan tampaknya ini bisa terjadi di Google Chrome dan Microsoft Edge, karena mesin mereka sama: Chromium.

Katanya sih masalah ini disebabkan frekuensi CPU yang tidak stabil atau terlalu tinggi, tapi rasanya dari laptop saya yang cuma di kisaran 1.83 GHz kurang tepat. Tapi ya sudahlah, yang penting cara mengatasinya.

Update browser

Ini solusi paling mudah. Tinggal update saja browser Chrome atau Edge ke versi terbarunya, kemudian coba lagi membuka halaman web yang bikin error.

Prosedur keduanya sama persis: Klik menu > Akses Help > Buka About dan akan otomatis dicek apakah ada pembaruan. Kalau ada akan didownload otomatis.

Pakai Compatibility Mode.

Ini trik saja, dan solusi ini sukses memperbaiki masalah status_breakpoint di komputer saya. Jadi di Windows 10 ada namanya Compatibility Mode fungsinya menjalankan program dengan meniru sistem operasi yang lebih lama.

Cara mengaksesnya klik kanan pada icon aplikasi, kemudian buka Properties dan pindahkan ke tab Compatibility. Kemudian aktifkan Run this program in compatibility mode for, saya pilih yang Windows 7. Tapi anda bisa coba yang lain kalau opsi ini gagal.

Hapus Adobe Flash

Adobe Flash sudah tidak didukung lagi, dan pada salah satu update Windows 10 malah otomatis dihapus.

Silahkan cek apakah aplikasi ini masih terinstall, kalau ada silahkan diuninstall. Fitur ini bisa dikatakan aman untuk dihilangkan karena website modern tidak memakainya lagi.

Cek Antivirus

Kalau anda tidak pakai antivirus default Windows Defender. Misalnya Avast, Avira, AVG dan sebagainya. Silahkan coba dimatikan dulu sementara dan kemudian berselancar seperti biasanya.

Sistem antivirus dan malware yang agresif bisa membuat perilaku aplikasi jadi aneh dan mengalami error.

Mungkin kalau masih error, bisa pakai browser alternatif seperti Mozilla Firefox karena beda jeroannya. Tapi sebelumnya bisa coba hapus instalasi Edge/Chrome dan install lagi versi terbarunya, bisa jadi masalahnya karena ada file korup atau rusak dan perlu mulai dari bersih lagi.

Tinggalkan komentar