Mengatasi file atau folder yang masih terpakai di Windows

Di Windows kalau ada file atau folder yang masih secara aktif dipakai oleh suatu program maka kita tidak bisa melakukan apapun terhadapnya. Baik rename namanya, memindahkan lokasinya, menghapus filenya, dan semacamnya. Sebenarnya hal ini adalah perlindungan dari Windows agar file penting yang masih diakses atau diolah agar tidak terjadi modifikasi. Tapi lebih seringnya saat ingin menghapus file ternyata tidak bisa karena masih dicek oleh antivirus.

Jadi kalau anda mengalami kasus yang mirip dan muncul pesan error seperti berikut:

  • Cannot delete file: Access is denied.
  • There has been a sharing violation.
  • The action can’t be completed because the file is open.

    windows-7-file-in-use

  • The source or destination file may be in use.
  • The file is in use by another program or user.
  • Make sure the disk is not full or write-protected and that the file is not currently in use.

Maka anda bisa mengatasinya dengan menginstall program Unlocker, saya arahkan ke versi 1.9.1 karena yang terbaru otomatis menginstall DeltaBar pada browser jadi harap teliti saat proses instalasi.

Jangan langsung klik Next – next. Yang versi saya anjurkan ini anda cukup menghilangkan centang pada BingBar dan QuickStores Shortcuts, kalau yang terbaru susah sekali agar toolbar browsernya tidak ikut terpasang.
unlocker

Selanjutnya silahkan buka program Unlocker dan buka file atau folder yang bermasalah, nanti akan dicek apakah ada program yang menguncinya. Bila ada atau tidak anda akan ditawarkan hal yang sama: Dibiarkan (No Action), Hapus (Delete), Ganti nama (Rename), Pindahkan (Move). Cukup klik OK setelah menentukan langkah yang mana ingin dilakukan.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...