Mengatasi hilangnya suara setelah install VirtualBox

Masalah hilangnya suara ini baru saya temui pada komputer milik teman saya setelah menginstall VirtualBox di Windows 7 64 bit. Walau kadang keluar suara tapi terdengar rusak atau distorsi, jadi sungguh tidak nikmat didengar telinga.

Setelah mencari informasi mengenai apa masalahnya, ternyata ini adalah konflik antara soundcard dengan driver jaringan dari VirtualBox. Apabila anda juga menggunakan soundcard eksternal dan tidak menggunakan soundcard internal yang biasa sudah terintegrasi dengan motherboard masalah sound rusak di Windows ini juga lebih sering terjadi.

Sekarang bagaimana solusinya? Tentu yang pertama adalah uninstall saja  Oracle VirtualBox, dan suara Windows akan kembali normal. Kedua silahkan pilih Windows Audio atau soundcard internal komputer anda, jadi jangan pilih soundcard yang bermasalah. Tapi mungkin bukan ini cara yang anda harapkan bukan?

Karena soundcard yang bermasalah di komputer teman saya adalah dari produk Realtek cara yang saya tahu dan pastikan adalah spesifik untuk ini, untuk merek soundcard lainnya sepertinya caranya mirip – silahkan adaptasi saja. Yang perlu anda lakukan hanyalah menginstall driver terbaru dari soundcard Realtek AC97 yang bisa anda dapatkan pada mirror seluruh driver audio Realtek AC97.

realtek-ac97-driver

Pilih versi driver yang sesuai dengan edisi Windows yang anda gunakan dan install saja drivernya, setelah itu restart untu memastikan Windows menggunakan versi terbaru driver Realtek AC97. Kalau anda membutuhkan driver Realtek untuk sistem operasi lain juga tersedia, seperti Linux.

Tulis komentar...