Mengatasi tampilan icon shortcut Windows yang rusak

Mungkin ngantuk atau bagaimana tapi salah satu komputer kantor seluruh icon program, file dan foldernya berubah menjadi game Solitaire. Jadi walaupun namanya tetap tapi begitu dijalankan akan berusaha dibuka pakai Solitaire. Haha. 😀 Tapi program aslinya tidak ada masalah. Cuma seluruh icon yang berjenis shortcut (ekstensi .lnk) akan bermasalah. Di Windows 7 terjadinya.

Ini masalahnya disebabkan oleh asosiasi file berjenis shortcut (yang .lnk) sudah dirubah bagaimana cara membukanya bukan dengan sistem Windows tapi program lain. Solusi terbaik untuk memperbaikinya ya dengan direset.

Yang paling mudah adalah dengan menggunakan command prompt dan kemudian ketikkan perintah assoc.lnk=lnkfile dan ENTER. Sekian, dan memang cuma itu. 😀

Bagaimana kalau ternyata kurang ampuh? Alternatifnya bisa pakai registry Windows, silahkan download file ResetShortcut.REG berikut. Kemudian klik kanan pada filenya dan pilih Merge, nanti data – datanya yang digabungkan. Yang dilakukan aslinya sama cuma lebih manual lagi yakni satu per satu setting soal shortcut ini akan dikembalikan ke nilai default.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...