Mengatasi komputer gagal booting

Anda menyalakan komputer seperti biasanya dan ditinggal ke kamar mandi dengan harapan saat kembali sudah masuk Windows. Tapi ternyata kenyataan berkata lain karena tertahan di layar hitam loading Windows atau malah muncul pesan error gagal booting. Ada berbagai macam penyebab dan solusi untuk memperbaiki komputer yang tidak bisa booting.

Ada beberapa komponen hardware yang bisa menjadi faktor penentu masalah anda dimana, dan mari kita cek satu per satu.

Prosesor

Otak dari komputer kita ini sebenarnya tahan banting, tapi kalau kena panas berlebihan maka motherboard akan melindungi komponen – komponen yang ada dengan mematikan semuanya. Kalau pada saat anda menghidupkan komputer tiba – tiba langsung mati atau restart maka ada kemungkinan panas adalah penyebabnya.

cpu-z-acer-aspire-one-d270

Solusinya yang paling mudah bersihkan ventilasi komputer anda, lepas heatsink CPU dan sapu dengan kuas untuk menghilangkan debu – debunya. Mengganti thermal paste juga disarankan. Malas repot? Arahkan saja kipas angin duduk ke casing komputer anda, ini solusi sementara yang ampuh. Hati – hati masuk angin saja.

Memori

Memori atau RAM merupakan tempat untuk mengolah data yang digunakan sistem operasi, jadi akan mempercepat proses dan aksesnya. Komponennya sendiri cukup sensitif, kalau ada kerusakan minimal Windows akan memunculkan BSoD (Blue Screen of Death) disertai kode errornya untuk diagnosa lebih lanjut. Lebih parah bisa langsung restart tanpa pemberitahuan, ini menandakan Windows meletakkan data pada alamat memori yang rusak.

Martyx / CC BY-SA 3.0
Martyx / CC BY-SA 3.0

Cara memperbaikinya mau tidak mau anda melepas modul memori yang terpasang didalam komputer, kemudian gunakan penghapus pensil dan digosok ke pin tembaganya. Pelan – pelan saja. Sekalian anda bersihkan slot memori dari debu untuk menjamin kontak kedua komponen ini normal.

Kartu Grafis

GPU, VGA atau Graphic Card merupakan pengolah tampilan grafis di komputer dan kurang lebih masalahnya serupa dengan prosesor diatas. Ya, faktor utama penyebab kerusakan pada kartu grafis adalah panas. Sisanya antara masalah pada chipset dan driver VGAnya. Efeknya? Kadang tidak muncul tampilan di monitor (No Signal), komputer restart, atau tertahan di proses awal booting BIOS. Saya dulu pernah menggunakan komputer tanpa menginstall driver GPU selama berbulan – bulan, kalau diinstall tidak bisa masuk Windows.

Solusinya? Lepaskan dan bersihkan VGA komputer anda. Coba di komputer lain apakah bermasalah. Kalau ini adalah onboard maka cuma bisa dibersihkan dari debu. Alternatifnya coba masuk ke safe mode dan lakukan instalasi ulang drivernya, versi lama pun tidak apa – apa asalkan bekerja normal.

Harddisk

Dari pengalaman biasanya harddisk inilah penyebab paling sering. Kalau anda mematikan komputer tanpa shutdown, sering mati lampu, terbanting atau musibah lainnya maka bisa menyebabkan adanya kerusakan dalam data yang tersimpan. Ini bisa bersifat fisik (permanen) atau cuma masalah pencatatan (non-permanen).

Evan Amos / Wikimedia Commons
Evan Amos / Wikimedia Commons

Biasanya ada file Windows yang korup atau hilang sehingga tidak bisa melanjutkan proses booting. Seperti untuk bootloader, tidak ditemukan adanya sistem operasi, NTLDR is missing dan lain sebagainya.

Cara mengatasinya? Kalau harddisk anda yang rusak segera backup dulu data – datanya di komputer lain, cek dengan aplikasi diagnosa kesehatan harddisk untuk memastikan. Misal cuma Windows yang rusak anda bisa memperbaikinya dengan menggantikan file – file yang rusak atau hilang tersebut. Proses ini lebih repot dibandingkan dengan install ulang Windows tapi setting program – program anda akan aman terjaga. Install ulang adalah jalan terakhir.

Lainnya

Sebenarnya masih ada faktor – faktor lain penyebab komputer gagal booting dan tentu saja cara memperbaikinya juga bermacam – macam. Kalau anda mengalami masalah serupa silahkan dituliskan detailnya pada komentar. Saya anjurkan tuliskan pesan kesalahan yang muncul apa. Kalau tidak ada errornya ceritakan saja prosesnya seperti apa. Kemudian menggunakan Windows apa, 32bit atau 64 bit? Spesifikasi komputer selengkap mungkin. Baru saja menginstall atau menghapus program apa saja, singkatnya anda melakukan apa sebelumnya kok tiba – tiba error. Kalau laptop juga sebaiknya sertakan merek dan modelnya secara lengkap.

9 pemikiran pada “Mengatasi komputer gagal booting”

  1. Abang saya punya pc lenovo. Saat booting yg muncul cuman tulisan lenovo di monitor. Saya sudah buat berbagai cara termasuk bwa k tempat service. Sedangkan pc saya punya masih baru. Mohon bantuannya bang

    • Halo Rohandi, sebaiknya klaim garansi saja. Itu kalau tertahan di logo Lenovo berarti ada masalah pada booting BIOSnya. Ini bisa ke hardware rusaknya.

  2. Maaf kak mau tanya kalau komputer saat dinyalakan monitornya ada tulisan no signal entering the power saving mode shorthly kenapa ya? Solusinya bagaimana?

    • Halo Anek, itu antara VGAnya bermasalah (kemungkinan besar), kabel VGA yang rusak atau PSUnya. Ini pakai Windows apa? Spesifikasi PC atau apabila ini laptop ya merek dan tipenya bisa diikutkan.

  3. Hai kak, jadi saya sebenernya baru aja upgrade pc September 2016 lalu dengan mengganti seluruh bagian kecuali HDD dan PSU
    Setelah upgrade, kadang kalo pas nyalain pc suka ga stabil (naik-turun) sampai 2-3x tapi abis itu stabil dan bisa booting dengan normal
    Tapi belakangan ini dalam 1 bulan tempat saya mati listrik 3-4x sedangkan saat itu pc saya masih dalam keadaan nyala
    Awal2 ga stabilnya 2-3x, sekarang makin banyak dan kemarin abis mati listrik malah gagal booting sama sekali
    saya udh coba booting tanpa VGA card (yg paling banyak makan daya listrik) tp masih ga bisa booting n no signal
    Solusinya gimana ya?
    Terimakasih

    • Ceritanya pakai VGA onboard jadinya?

      Ini sama sekali ga bisa nyala? Maksud saya kalau dibiarkan apa terdengar suara startup Windows?

      Kok rasanya motherboardnya ya yang kena. Sudah coba lepas RAM juga? Misal lepas salah satu.

  4. gan, knapa ia pc saya selalu restart sendiri ketika di hidupkan, kasusnya sperti ini, ketika saya tekan tombol power, pc menyala, lalu ketika sampai dilogo bios (bukan logo loading windows ia) beberapa detika kemudia, pc merestart sendiri sampai berulang ulang, mohon pencerahannya bang, termakasih sebelumnya.

    • Seringnya karena kepanasan mas. Coba lepas casingnya dan pakai kipas angin duduk, kalau bisa masuk Windows ya masalahnya di ventilasi/fan.

Tulis komentar...