Mengenal Google Drive

Google telah meluncurkan produk baru sebagai pesaing Dropbox dan Microsoft SkyDrive , yang dinamakan Google Drive. Apakah anda ingin mengetahui lebih lanjut? Mari kita mengenal Google Drive berikut fitur dan kelebihan yang ditawarkan kepada penggunanya.

Anda bisa mengaksesnya melalui link berikut : Google Drive

Pada halaman utama Google Drive terdapat video yang memberikan informasi mengenai apa itu Google Drive secara sekilas. Informasi lebih lanjut dapat anda baca di halaman utama seperti pengguna akan mendapatkan kapasitas sebesar 5GB gratis.

Google Drive supported devices

Layanan ini juga dapat digunakan di Windows dan Macintosh juga Android. Dapat dilihat Google Drive sementara ini hanya tersedia di Windows, Macintosh dan Android.

Saat anda membaca fitur – fitur Google Drive terdapat beberapa yang disebutkan seperti:

  • Gmail
    Lupakan attachment email. Kirim link dari Google Drive di Gmail dan semua orang memiliki file yang sama, versi yang sama secara otomatis.
  • Google+
    Video dan gambarmu di Google Drive secara instan tersedia di Google+, jadi kamu hanya 1 klik saja untuk berbagi ke circlemu.
  • Pencarian
    Google Drive membantumu mencari file dengan cepat. Cari file dengan keyword dan filter dengan tipe file, pemilik dan lebih. Google Drive juga bisa mengenali benda dalam gambarmu dan tulisan dalam dokumen.
  • Lihat semuanya
    Google Drive mampu melihat lebih dari 30 tipe file langsung dalam browsermu – termasuk PDF, video HD , Adobe Illustrator dan Photoshop – walaupun program tersebut tidak terinstall di komputermu.
  • Google Drive dengan apps favoritmu
    Buat, buka dan berbagi file dari bermacam – macam aplikasi secara langsung di Google Drive.
  • Berbagi dengan keinginanmu.
    Kamu bisa berbagi file atau folder dengan semua orang dan pilih apakah mereka bisa melihat, mengedit atau memberi komentar di filemu.
  • Memulai sebuah diskusi.
    Buat dan balas komentar untuk mendapatkan saran dan membuat file lebih kolaboratif.
  • Kembali ke masa lalu.
    Google Drive melacak segala perubahan yang anda buat – jadi saat anda menekan tombol save, sebuah revisi baru akan disimpan. Anda bisa melacak sampai 30 hari yang lalu secara otomatis atau memilih untuk revisi disimpan selamanya.

Drive juga terintegrasi dengan Google Docs, jadi anda bisa bekerja dengan orang lain dalam waktu yang sama pada dokumen, spreadsheet dan presentasi.

Google Drive document collaboration

Hal – hal unik yang terdapat di Google Drive adalah smart tagging, anda bisa memberikan tag kepada file – file anda. Seperti anda mengupload foto anda dengan tag liburan, maka anda bisa mencari file tersebut dengan kata liburan.

Google Drive juga memiliki Image Recognition atau pengenalan gambar. Jika anda mengupload foto dengan lokasi yang populer maka Google Drive akan langsung mengenalinya.

Dengan menggunakan OCR (Optical Character Recognition), Google Drive akan mengenali tulisan yang ada dalam dokumen yang discan dan anda upload dan anda bisa melakukan pencarian dalam dokumen tersebut. Berguna bagi anda yang memiliki buku lama yang ingin anda arsipkan.

Tulis komentar...