Mengetahui arti status pemeriksaan Bea Cukai

Last Updated on Maret 30, 2021

Pernah belanja barang dari luar negeri? Nama-nama marketplace seperti Shopee, AliExpress, Banggood dan semacamnya biasa jadi langganan cari barang yang ga ada di Indonesia atau karena murah. 😀 Dan karena ini kita impor walau ngecer jelas sewaktu sampai di Indonesia akan diperiksa bea cukai.

Cara cek barang di bea cukai sendiri mudah, tinggal ke situs resminya dan isikan nomor resi (tracking number) dari ekspedisi yang dipakai, tapi ingat setelah sudah pasti sampai di Indonesia ya. Kalau tidak ya gagal, tidak terdeteksi paket anda.

Nanti akan muncul hasil proses bea cukai sudah di tahap mana seperti gambar diatas.

Nah… kalau diperhatikan akan ada kode dan status yang dipakai oleh bea cukai, disini saya akan mencoba berbagi dan menjelaskan apa saja artinya.

Status Bea CukaiArti
FOB BCFreight on board. Penetapan nilai barang tidak termasuk ongkos kirim, asuransi dan pajak.
Billing KonsolTotal biaya bea masuk dan pajak yang akan dibayar penerima.
SPPBMCPSurat Penetapan Pembayaran Bea Masuk, Cukai dan atau Pendapatan Pajak
412111 - Bea MasukPungutan biaya dalam rangka impor. Biasanya 7.5% nilai barang.
411123 - Pajak PenghasilanPajak apabila kegiatan impor ini termasuk penghasilan. Mayoritas belanja online masih 0%, kecuali kategori barang tertentu.
411212 - Pajak Pertambahan NilaiPajak yang dikenakan ke penerima barang. 10% umumnya.
411222 - Pajak Penjualan Barang MewahPajak ini berlaku kalau barang yang dipesan/dikirimkan termasuk barang berharga/mewah.
412123 - Bea Masuk Tindakan Pengamanan SementaraIni biaya kalau jenis barang yang anda impor termasuk merugikan industri domestik.
100 DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAIBarang anda sudah di bea cukai dan sedang diperiksa.
202 PROSES VALIDASI SISTEM BEA CUKAIBarang sedang diteliti petugas bea cukai apakah perlu dicek fisik atau tidak.
201 CEK DATA WAJIB SELESAIPengecekan dasar informasi barang selesai.
203 SELESAI VALIDASI SISTEM BEA CUKAIProses pemeriksaan oleh petugas selesai.
501 PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR) MENUNGGU PEMINDAI (X-RAY) ATAU MANIFESBarang yang diperiksa ditetapkan nilainya. Nanti perhitungan bea masuk, pajak dan sebagainya dari ini.
102 BARANG TELAH MELALUI PEMINDAI (X-RAY)Barang sudah selesai discan xray
303 PENERBITAN KODE PENAGIHAN (BILLING)Kode billing yang akan dijadikan referensi pembayaran bea masuk dan sebagainya.
401 PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR), PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PJTBea masuk dan pajak sedang dialihkan diproses ekspedisi domestik.
408 BARANG KELUAR DARI GUDANGPaket sudah dioper ke ekspedisi dari gudang bea cukai.
405 SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMANBiaya paket sudah dibayar oleh ekspedisi. Ini nantinya bisa dibebankan ke penerima. Seperti FedEx, DHL, UPS umumnya.

Apabila anda mengalami masalah, atau dari hasil pengecekan resi kiriman di bea cukai ada status yang tidak dikenal/asing. Silahkan komentar dibawah, akan saya usahakan secepatnya mendapatkan maksudnya apa.

Oh ya, resi Standar Express dari Shopee, pengiriman internasional umum seperti EMS, dan kantor pos negara asing bisa diperiksa juga di bea cukai.

29 pemikiran pada “Mengetahui arti status pemeriksaan Bea Cukai”

    • Barangnya sudah selesai diperiksa bea cukai mas.

      Sekarang sedang menunggu ekspedisi untuk memberikan nomor resi baru, dan mengirimkannya ke alamat penerima.

    • Betul mas.

      Tinggal pakai ekspedisi apa. Misal Pakai EMS ya berarti kantor pos yang mengantarkan. Kalau Standar Ekspres Shopee nanti JNE yang ngurus.

  1. Saya bingung bgt sama perhitungan pajak bea cukai.. ini kan saya ada pembelian di AliExpress di 3 toko yg berbeda dan pengirimannya juga berbeda2 tapi semua di kirim dari cina.. brg pertama total beli usd 31.22 itu saya by impor Rp 98.000, lalu brg ke 2 usd 18.73 by impornya Rp 41.000 (brg ke 1 n ke 2 sudah sampai dan sudah saya byr by impornya). Hari ini saya dpt pemberitahuan kalau brgnya sudah sampai dan saya cek by impornya mahal bgt, padahal harga brg yg di beli usd 14.30 tapi by impor yg harus di bayar Rp 212.000.. ini sebenarnya cara hitungnya bagaimana ya,, kok pajaknya jadi lebih mahal, padahal brg yg saya beli semuanya baju.. saya berusaha cari informasi d web nya bea cukai untuk detail by2 nya dan saya lihat ada perbedaan di tiap brg yg d krm.. untuk brg ke 1 dgn harga brg usd 31.22 itu terlihat di FOB BC nya usd 14.79, lalu di brg ke 2 harga brg usd 18.73 terlihat di FOB BC nya usd 5.. nah di brg ke 3 (brg blm datang n pajak blm saya byr) ini harga brgnya usd 14.30 tapi nilai yg tertera di FOB BC usd 26.. saya kaget bgt kok by yang saya byr lebih banyak dari harga brg nya… bisa bantu jelaskan gak.. makasih

    Balas
    • Petugas bea cukai punya hak untuk menentukan harga barangnya mbak, biasanya kalau dilihat nilai barang yang tercantum tampaknya tidak akurat. Tapi ini bisa disanggah kalau mau, tapi agak repot dan capek ngurusnya dari pengalaman saya.

      Dulu soalnya bisa jadi modus minta ke seller agar dipasang harganya jauh lebih murah daripada aslinya. Jadi bisa menghindari pajak atau murah.

  2. Tapi kalau di sanggah dari bukti harga di aplikasi aliexpress nya bisa mungkin ya, jadi berubah untuk jumlah biaya pajaknya.. hari ini brg nya sampai k rmh tapi saya menolak untuk byr sejumlah pajaknya, dan kata kurirnya memang sering kejadian seperti yg saya alami n saya di sarankan untuk ambil brgnya melalui kntr pos n skalian untuk tny kepada petugas bea cukai yg ada d kntr pos untuk tny knp kok pajaknya sampai sgtu besarnya, harga pajak yg di tagihkan lebih besar dari harga brg yg saya beli (kalau di kurs ke RP).. oia td anda kakak blg kalau perutas pajak bisa menentukan harga barangnya, trs dasarnya mereka menentukan harga umtuk brg tsb gmn, masa’ iya mereka asal2an, kalau asal2an pasti banyak yg komplain seperti saya skrg.. kayak rasanya g masuk akal gtu kalau by pajak lbh mahal dari harga beli

    Balas
    • Bisa mbak, memang perlu bukti invoice transaksi dan pembayarannya. Nanti disesuaikan. Kalau lancar ya waktu datang bisa langsung diambil.

      Nilai barangnya yang ditetapkan oleh petugas bea cukai setahu saya sederhana, tinggal google saja dan lihat hasil-hasilnya. Metode ini masalahnya cuma satu sih dari pengalaman saya, kalau pas belinya lagi diskon besar seperti 11.11 AliExpress jelas tidak sama dengan harga normalnya.

      Banyak memang yang mengeluh mbak, tapi yang mau followup sedikit. Soalnya bisa repot sendiri nanti dan makan waktunya itu.

    • Aman ini konteksnya apa ya mas? Tapi sudah lolos kok dari bea cukai belanjaan AkuLakunya.

      INFORMASI NOMOR BARANG
      No Barang/AWB/Resi 0100142100858769 (FOB BC= USD 42.54)
      Tgl AWB 2021-04-01
      TAGIHAN BILLING
      KODE BILLING 620210400015808 | NTPN:0
      TOTAL BILLING Billing Konsol : 574,885,000
      412111 – Bea Masuk 48,000
      411123 – Pajak Penghasilan 0
      411212 – Pajak Pertambahan Nilai 68,000
      411222 – Pajak Penjualan Barang Mewah 0
      412123 – Bea Masuk Tindakan Pengamanan Sementara 0
      Total Tagihan 116,000

  3. Jaya selalu yang punya ini website,
    Saya mau bertanya kak, untuk status code 405, bagaimana caranya mengkonfirmasi ke pihak penyelenggara pos/perusahaan jasa pengiriman?

    Balas
    • Seringnya kita cukup menunggu saja mas. Antara dikontak sebelum diantarkan misalnya ada bea masuk (DHL, FedEx, dsb), atau nanti pas di alamat yang dituju akan ditagihkan oleh kurirnya (umumnya kantor pos begini).

  4. Menurut kurir dari Amerika yang digunakan untuk mengirim pesanan saya yaitu USPS, kiriman saya sudah sampai di Bandara Soekarno Hatta dan sekarang “in transit to destination” dan biasanya ini masih dalam proses di Bea Cukai. Dulu saya bisa langsung tracking di website bea cukai tapi sekarang kalau saya masukan tracking codenya yang saya dapat adalah “tidak ada data”. Ini dikarenakan apa ya?

    Karena kiriman saya seharusnya sudah sampai di Indonesia tanggal 18 Maret menurut tracking dari USPS dan setelah itu sudah keluar dari Bandara Soekarno Hatta. Biasanya bisa di tracking di Bea Cukai tapi sekarang tidak. Apa ini berarti kiriman saya kemungkinan sudah hilang?

    Balas
    • Boleh tahu nomor resinya mbak?

      Tapi, setahu saya itu maksudnya belum sampai di Indonesia. Maka dari itu wajar tidak bisa dicek resinya di bea cukai.

  5. Hii kak barang saya dari fedex setelah saya cek beacukai ad tagihan 214.000 namun di history statusnya sppbmcp telah dilunasi penerima barang silahkan konfirmasi ke penyelenggara apa yang harus saya lakukan

    Balas
  6. Halo kak, paket saya tertulis telah “BARANG TELAH KELUAR DARI GUDANG”, nah saya sudah melunasi SPPBMCP terlebih dahulu sebelum mengkonfirmasi ke Penyelenggara Pos/Perusahaan Jasa Pengirim, berarti saya tinggal menghubungi jasa ekspedisi kah? Terima kasih

    Balas

Tinggalkan komentar