Cara mengetahui alamat email aktif atau tidak dengan Verify Email

Pernah merasa penasaran apakah sebuah alamat email masih hidup atau aktif digunakan? Daripada anda repot – repot mengirimkan sebuah email untuk mengetahui apakah alamat email tersebut valid atau tidak lebih baik gunakan tool untuk verifikasi email; Sehingga selain anda tidak perlu mengetes sendiri juga tidak bisa dilakukan secara sembunyi – sembunyi.

Anda bisa menggunakan Verify Email yang merupakan layanan khusus untuk verifikasi alamat email dengan mudah. Yang anda cukup lakukan hanya mengisi alamat email yang ingin dicek aktif atau sudah nonaktif. Apa saja yang dicek valid tidaknya email? Pertama apakah format penulisan alamat email sudah benar, kedua adalah apakah nama domain yang digunakan memang valid, dan terakhir apakah user atau alamat email yang dituliskan memang ada.

verify-email

Proses cek alamat email akan dilakukan dan bisa ditunggu karena memang cuma sesaat saja dan haslnya akan langsung tampil dibawahnya.

Bila hasil tes email adalah aktif maka akan muncul Status OK dalam warna hijau dan tampilannya akan seperti berikut:
verify-email-result-ok

Sedangkan bila hasl pengujian alamat email tersebut salah atau memang tidak ada maka akan muncul status BAD dalam warna merah dan tampilannya akan sebagai berikut:
verify-email-result-bad

Anda bisa melihat apa saja proses verifikasi yang dilakukan oleh Verify Email terhadap alamat email yang dicek, jadi anda bisa memastikan sendiri apa yang menyebabkan email tersebut hidup atau mati berdasarkan log dari pengujiannya. Sekarang anda bisa mengetahui bagaimana kondisi alamat email yang dites sebelumnya.

16 pemikiran pada “Cara mengetahui alamat email aktif atau tidak dengan Verify Email”

    • Selamat pagi, alamat emailnya apakah sudah pernah dipakai mengirim dan menerima email? Verify Email mengecek catatan komunikasi yang dari dan menuju alamat email yang dites.

    • Halo Daf, boleh tahu apakah ada masalah terhadap apa yang dibahas? Saya cek ulang bisa dikatakan akurat sesuai tujuannya mas. Tapi saya menerima koreksi misal ada kesalahan. 🙂

    • Halo Collin, lah iya mas. Ternyata beberapa tahun ga ada yang koreksi. Saya baru tahu lupa dilink, sekarang sudah diperbaiki. Terimakasih mas atas kritiknya. 🙂

    • Paling mudah mas minta teman untuk kirim email saja. Atau kalau inbox email anda ada yang baru berarti sudah bekerja.

    • Kurang tahu mas. Fungsinya validasi daftar email begitu? Biasanya di layanan marketing email ada fitur penanda akun email yang gagal diterima emailnya.

  1. Saya mau tanya kadang saya ikut undian lewat hp waktu masukkan email selalu suruh kirimkan email yg valid padahal email saya selalu aktif ..gimana tu…mohon infonya..

    • Saya kurang nyambung mbak. Email valid biasanya dimaksudkan kalau isi alamatnya jangan sampai salah, bukan nanti saat submit akan langsung dicek valid tidaknya.

Tulis komentar...