Mengetahui file apa yang menghabiskan kapasitas harddisk dengan WinDirStat

Kapasitas media penyimpanan seperti harddisk, flashdisk dan Solid State Disk yang meningkat tiap tahunnya membuat kita menyimpan hampir seluruh file yang dimiliki karena jarang sekali kita menggunakan kapasitas ini sampai penuh. Hal ini kadang membuat kita lalai membersihkan file – file yang sudah tidak dibutuhkan lagi atau bahkan sampai lupa file apa berada dimana.

Melacak penggunaan harddisk ini akan membantu mencari folder atau file apa yang memakai harddisk ada, langkah selanjutnya terserah anda – bisa dihpaus, dibackup atau dipindahkan saja ke drive lain yang lebih kosong.

WinDirStat adalah salah satu solusi software yang bisa anda pakai untuk mengetahui analisa penggunaan harddisk di komputer anda. Anda cukup menjalankan aplikasi gratis ini dan memilih drive atau partisi yang ingin diketahui informasi penggunaan harddisknya. Secara default semua drive lokal akan diperiksanya, tapi anda bisa memilih drive secara individual, atau melakukan pemeriksaan terhadap satu folder saja. Tekan tombol OK untuk melanjutkan.
windirstat-select-drives

Proses analisa penggunaan harddisk akan berlangsung beberapa lama, ini tergantung berapa besar ukuran dan berapa banyak file yang terdapat di drive harddisk anda. Dari pengalaman saya semua proses ini selesai dalam hitungan menit, jadi anda tidak perlu menunggu lama untuk melihat hasilnya.
windirstat-analyzing

Selanjutnya anda bisa melihat nama folder dan berapa besar kapasitas harddisk yang digunakan, anda bisa membuatnya lebih detail lagi dengan membuka folder tersebut dari WinDirStat yang kemudian akan muncul informasi seperti besar ukuran folder dan file didalamnya.
windirstat-overview

Di sebelah kanan anda bisa melihat daftar ekstensi dan warna yang mewakilinya, semua ini akan memandu anda dalam membaca peta penggunaan harddisk dibagian bawah.

Besar file akan sebanding dengan besar gambar di dalam peta tersebut, bila anda mengklik salah satu file dalam peta file tersebut akan secara otomatis membuka nama file, lokasi file dan jenis file. Jadi anda tidak perlu kerepotan melihat file apa yang menghabiskan harddisk anda.
windirstat-file-map-selected

Sekarang anda bisa melihat analisa kemana saja kapasitas harddisk anda yang hilang, kalau anda merasa harddisk anda tiba – tiba berkurang lebih baik anda mendeteksinya dengan WinDirStat. Bila ada lokasi folder yang aneh ada kemungkinan ada file – file yang tidak seharusnya disimpan disitu, atau memang ada yang menyembunyikan file video, musik, dokumen dan sebagainya. Daripada anda mencari satu persatu lebih baik secara otomatis dibantu oleh WinDirStat sebagai cara mengetahui file apa saja yang menggunakan kapasitas harddisk di komputer.

Tulis komentar...