Mengetahui jam dan hari kerja Pos Indonesia

Pos Indonesia adalah jasa pengiriman surat, uang dan paket yang jangkauannya terluas di Indonesia setahu saya, karena itulah sering digunakan untuk mengirimkan barang ke berbagai macam pelosok. Walau kita dapat dengan mudah melacak status paketnya tapi belum tentu sudah sampai di kota tujuan akan langsung diantarkan hari itu juga. Nah… kita bisa memperkirakan kapan barang akan diserahkan ke penerima kalau sudah paham jam layanan dan hari kerja kantor pos.

Ya, mari kita kenali dulu jam operasional dan hari kerja kantor pos di kota anda, pertama adalah untuk kantor pos pusat atau besar:

  • Hari: Senin sampai Sabtu. Tergantung kotanya ada yang hari Minggu buka.
  • Jam: 07.30 – 20.00 untuk hari Senin – Jumat, 08.00 – 20.00 untuk hari Sabtu, dan misal hari Minggu buka maka jam pelayanannya adalah 08.00 – 14.00.

Sedangkan kantor pos cabang (tingkat kecamatan, loket pos atau yang kecil) memiliki jadwal yang berbeda:

  • Hari: Senin sampai Sabtu.
  • Jam: 07.30 – 15.00 untuk Senin sampai Kamis, 07.30 – 11.30 untuk hari Jumat, dan 07.30 – 13.00 untuk hari Sabtu.

Komentar: Untuk jam pelayanan kantor pos cabang kadang sudah ditutup lebih awal dari jadwal resminya, jadi jangan datang terlalu ngepas kalau datang. Ini benar – benar tergantung petugasnya. 🙁 Misal anda mengirimkan paket hari Sabtu atau Minggu tapi dari pengamatan biasanya baru diproses hari Senin.

Sekarang kantor pos pusat Malang buka sampai jam 10 malam. Esensinya yang saya bicarakan adalah dari pengalaman dan tanya - tanya sebelumnya, tapi kantor pos sendiri akan memperbaiki layanannya menjadi lebih baik seperti jam bukanya yang semakin lama. Karena itu informasi yang saya tuliskan harap digunakan sebagai referensi saja karena bisa jadi di wilayah anda bisa sangat jauh berbeda.
Sekarang kantor pos pusat Malang buka sampai jam 10 malam. Baru tahu juga saya. Esensinya yang saya bicarakan adalah dari pengalaman dan tanya – tanya sebelumnya, tapi kantor pos sendiri akan memperbaiki layanannya menjadi lebih baik seperti jam bukanya yang semakin lama. Karena itu informasi yang saya tuliskan harap digunakan sebagai referensi saja karena bisa jadi di wilayah anda bisa sangat jauh berbeda.

Misal anda sedang menunggu kiriman surat atau paket maka memahami jam pengantaran kurirnya bisa membantu untuk mengira – ngira kapan datangnya. Nah… kalau informasi yang ini hanya berdasarkan pengalaman dan ngobrol dengan pak posnya:

  • Hari: Senin sampai Sabtu.
  • Jam: 08.00 – 16.00.

Komentar: Tampaknya tidak ada perbedaan untuk jamnya baik jenis Surat, Wesel, Pos Kilat Khusus atau Pos Express Barang. Maksud saya misal di JNE menggunakan YES maka jam pengantarannya bisa sampai jam 12 malam (saya pernah menerima kiriman jam 10 malam), pokoknya target waktunya adalah 1 hari sesuai janji. Sedangkan yang membedakan di Pos Indonesia adalah kecepatan pengiriman secara keseluruhan dimana Pos Ekspress adalah yang paling cepat (rata – rata satu hari) tapi juga yang termahal. Paling lambat saya terima jam 3 sore lewat.

Oh ya, jangan lupa hari libur nasional maka kantor pos juga akan tutup. Jadi tidak ada pengantaran juga hari tersebut. Koreksi 24 Desember 2015: Ternyata ada pengantaran paket pos pada hari libur nasional, cuma diprioritaskan tipe Paket Pos Express dan kalau kurang baru Pos Kilat Khusus.

Semoga bermanfaat. 🙂

885 pemikiran pada “Mengetahui jam dan hari kerja Pos Indonesia”

  1. Biasanya klau dr magetan, jawa timur ke bengkalis, riau berapa lama yaaa mas??
    Pakenya pos jumbo ekonomi…
    Bisa mnta tolong dicek resinya mas??
    Resi 17652736629

    Balas
  2. Paket saya sudah 4 hari belum sampai. Dari tanggal 19-22. Mana mau lebaran baju mau di pakai ehhh malah belum sampai² juga. Haduhhhhh

    Balas

Tulis komentar...