Mengetahui jam dan hari kerja Pos Indonesia

Pos Indonesia adalah jasa pengiriman surat, uang dan paket yang jangkauannya terluas di Indonesia setahu saya, karena itulah sering digunakan untuk mengirimkan barang ke berbagai macam pelosok. Walau kita dapat dengan mudah melacak status paketnya tapi belum tentu sudah sampai di kota tujuan akan langsung diantarkan hari itu juga. Nah… kita bisa memperkirakan kapan barang akan diserahkan ke penerima kalau sudah paham jam layanan dan hari kerja kantor pos.

Ya, mari kita kenali dulu jam operasional dan hari kerja kantor pos di kota anda, pertama adalah untuk kantor pos pusat atau besar:

  • Hari: Senin sampai Sabtu. Tergantung kotanya ada yang hari Minggu buka.
  • Jam: 07.30 – 20.00 untuk hari Senin – Jumat, 08.00 – 20.00 untuk hari Sabtu, dan misal hari Minggu buka maka jam pelayanannya adalah 08.00 – 14.00.

Sedangkan kantor pos cabang (tingkat kecamatan, loket pos atau yang kecil) memiliki jadwal yang berbeda:

  • Hari: Senin sampai Sabtu.
  • Jam: 07.30 – 15.00 untuk Senin sampai Kamis, 07.30 – 11.30 untuk hari Jumat, dan 07.30 – 13.00 untuk hari Sabtu.

Komentar: Untuk jam pelayanan kantor pos cabang kadang sudah ditutup lebih awal dari jadwal resminya, jadi jangan datang terlalu ngepas kalau datang. Ini benar – benar tergantung petugasnya. 🙁 Misal anda mengirimkan paket hari Sabtu atau Minggu tapi dari pengamatan biasanya baru diproses hari Senin.

Sekarang kantor pos pusat Malang buka sampai jam 10 malam. Esensinya yang saya bicarakan adalah dari pengalaman dan tanya - tanya sebelumnya, tapi kantor pos sendiri akan memperbaiki layanannya menjadi lebih baik seperti jam bukanya yang semakin lama. Karena itu informasi yang saya tuliskan harap digunakan sebagai referensi saja karena bisa jadi di wilayah anda bisa sangat jauh berbeda.
Sekarang kantor pos pusat Malang buka sampai jam 10 malam. Baru tahu juga saya. Esensinya yang saya bicarakan adalah dari pengalaman dan tanya – tanya sebelumnya, tapi kantor pos sendiri akan memperbaiki layanannya menjadi lebih baik seperti jam bukanya yang semakin lama. Karena itu informasi yang saya tuliskan harap digunakan sebagai referensi saja karena bisa jadi di wilayah anda bisa sangat jauh berbeda.

Misal anda sedang menunggu kiriman surat atau paket maka memahami jam pengantaran kurirnya bisa membantu untuk mengira – ngira kapan datangnya. Nah… kalau informasi yang ini hanya berdasarkan pengalaman dan ngobrol dengan pak posnya:

  • Hari: Senin sampai Sabtu.
  • Jam: 08.00 – 16.00.

Komentar: Tampaknya tidak ada perbedaan untuk jamnya baik jenis Surat, Wesel, Pos Kilat Khusus atau Pos Express Barang. Maksud saya misal di JNE menggunakan YES maka jam pengantarannya bisa sampai jam 12 malam (saya pernah menerima kiriman jam 10 malam), pokoknya target waktunya adalah 1 hari sesuai janji. Sedangkan yang membedakan di Pos Indonesia adalah kecepatan pengiriman secara keseluruhan dimana Pos Ekspress adalah yang paling cepat (rata – rata satu hari) tapi juga yang termahal. Paling lambat saya terima jam 3 sore lewat.

Oh ya, jangan lupa hari libur nasional maka kantor pos juga akan tutup. Jadi tidak ada pengantaran juga hari tersebut. Koreksi 24 Desember 2015: Ternyata ada pengantaran paket pos pada hari libur nasional, cuma diprioritaskan tipe Paket Pos Express dan kalau kurang baru Pos Kilat Khusus.

Semoga bermanfaat. 🙂

879 pemikiran pada “Mengetahui jam dan hari kerja Pos Indonesia”

  1. Kiriman saya kok gak sampai” ya ,dari jakarta ke solo 11 hari lebih blm sampai . Apa bisa dicek dengan namany saja soalny resiny ane buang??

  2. pak pos, saya beli online dan mulai pengiriman via pos kilat khusus tgl 21 juni kira2 besok h-1 bisa nyampegak ya pesanan saya. di kab. Cirebon?

  3. mas mau nanya dah. skrg kan abis libur hari raya. saya udah mesen paket barang lewat kurir pos indonesia kilat khusus , transfer ketetangga sebelah kemaren siang sblm jam 5sore. nyampenya kapan ya kirakira??
    nomer resi : INV/20170627/XVII/VI/90162464

  4. Kan di bukalapak dari jkt ke kota ane 2hr, nah itunganya gimana ntuh ? Dikirim pagihari, Ini hari ke 1 terus besok ke 2 apa besok ke 1 terus lusa ke 2?

    • Belum tentu oleh seller segera dikirimkan lho mas. Batas waktu 2 hari sejak pembayaran dikonfirmasi. Sedangkan lama pengiriman itu estimasi, bukan hal pasti juga.

  5. Paket saya sjak hRi Senin lalu… saya lacak hari Kamis mlm da nyampek Gresik…
    Ini sampai sabt blum nyampek sdYu

    3 hari d Gresik Mulu paketny

    • Sudah diterima orang serumah:
      MANIFEST SERAH PASURUAN 67100 2017-10-27 06:30:23 KANTOR TUJUAN : Gempol 67155
      MANIFEST TERIMA Gempol 67155 2017-10-27 07:53:55 KANTOR ASAL : PASURUAN 67100
      PROSES ANTAR Gempol 67155 2017-10-27 08:03:43 NO. DO : 67155170002552
      SELESAI ANTAR Gempol 67155 2017-10-27 14:03:29 STATUS: Orang Serumah
      PENERIMA: KHOIRIYAH

    • Sudah diterima Yusuf 15 November:
      SELESAI ANTAR
      15-11-2017

      12:46:17

      Selesai antar di Kokop, Kantor Pos Kokop 69155
      Diterima oleh M YUSUF
      15-11-2017

      11:40:52

      Proses antar di Kokop, Kantor Pos Kokop 69155
      15-11-2017

      11:36:01

      Tiba di Kantor Antaran Kokop, Kantor Pos Kokop 69155
      15-11-2017

      07:58:14

      Tiba di Kantor Antaran BANGKALAN, Kantor Pos BANGKALAN 69100
      15-11-2017

      07:45:51

      Diteruskan ke Kantor Antaran Kokop, Kantor Pos Kokop 69155
      13-11-2017

      19:28:22

      Diteruskan ke Kantor Antaran BANGKALAN, Kantor Pos BANGKALAN 69100
      13-11-2017

      16:30:18

      Diteruskan ke Hub PARE, PARE 64200
      13-11-2017

      08:59:03

      Penerimaan di loket : Tulungrejo, Kantor Pos Tulungrejo 64211C1
      Pengirim : RISANG
      PARE KEDIRI
      KEDIRI 64211
      Penerima : M YUSUF
      DSN.TORASSEM KEC.KOKP BANGKALAN MADURA
      KAB. BANGKALAN 69155
      Produk : PAKET KILAT KHUSUS
      Berat : 3465gr
      Jenis : Kiriman Pos
      Isi Kiriman : senapan angin

  6. Mas mau tanya.. Status paket saya manifest terima pada tgl 30 november 17 pukul 12.45.. Tgl 1 november nya ketepatan hari libur.. Kira2 klu tgl 2november na jatuh hari sabtu.. Paket saya diantar gak ya?

  7. Mau tnya, knpa dokumen saya blm smpe jg. Pdhal kilat, 1 smpe 2 hri. Ini dah 3 hr. Sttusnya manifest trus dr hari pertama, itu gmn ya.. soalnya saya butuh cepat dokumen itu.

    • Kantor pos belum ada kode/status untuk keberangkatan kiriman mbak. Biasanya sudah dalam perjalanan itu, cuma akan diupdate kalau sudah sampai.

  8. Sttus manifest serah trus dari hari pertama, udah 3 hari. Pdahal express… Saya butuh cepat dokumen itu. Mhon bantuannya dong…

  9. Slamat sore, sya mau ambil uang di kntor pos di WU tpi skrang sudah tutup dngan cara dn dmna lagi saya bisa mengambil uangnya soalnya sedang darurat.

  10. Selamat pagi, mau nanya, Kalo misalkan paket dari pengirim sampai di kantor pos tujuan tadi pagi, Apa bisa langsung diantar hari ini juga

    • Sudah di Bandung kemarin mbak:
      2017-12-23 13:56:20 POSTING LOKET KP-294 PT Bersama Jaya Sukses
      2018-01-02 11:13:18 MANIFEST TERIMA MPCBANDUNG NO BUKTI SERAH: 404001214040014017000529
      KANTOR ASAL: MPCBANDUNG 40400
      2018-01-02 11:59:38 MANIFEST SERAH MPCBANDUNG NO BUKTI SERAH: 404001414040E14218000004
      KANTOR TUJUAN: MPCBANDUNG 40400

  11. Mas kira* saya mau kirim alat olah raga raket badminton ke papua lewat kantor pos… Tpi saya baru bisa ke kantor pos jam 7 malam…. Apa bisa di proses hari ini ???
    Kantor pos pusat Malang kota….
    Terimakasih mas…

  12. kok paket saya blm nyampe yah. uda semingguan lebihh.
    pngiriman dr batam ke watampone kab.bone sulsel.
    gmn tuh gan ??
    chat di wa yah 085299639606

  13. Min sya blanja d matahari mall prtama d krimi lwat RCL di jakarta trus disalurkan lewat pos indonesia karena memang sya ambil d tempat yaitu di pos indonesia di bojonegoro jawa timur. Pengiriman d lakukan pada kmis sore lewat pos indonesia dengan paket kilat khusus. Karena saya ingin tau lokasi barangnya setelah saya lacak kiriman dengan resinya kok tidak ada keterangan lokasi barang skrng ya min? Kira2 senin udah sampai blum ya min. Thanks

  14. Pengiriman dari depok jakarta ke kabupaten Sukoharjo sampai 5 hari.baiknya pos di ganti posyandu saja supaya bisa makin buruk pelayanannya….

  15. Mo tx. Brg sy dkrm dr Surabaya k madura Selasa jm 3 tp seminggu gk nxmpk jg.pkek pos kilat husus. Brtx 4 klo.sy GK bs cek Krn g dksh resi.solusix gmn y tlg bantuan y.

    • Barangnya sudah diterima:
      2018-03-02 12:58:37 POSTING LOKET GRESIK
      2018-03-02 13:00:30 MANIFEST SERAH GRESIK NO BUKTI SERAH: 611006110011061100120000
      KANTOR TUJUAN:
      2018-03-06 08:50:05 PROSES ANTAR KUDUS NO DO: 59300180017699
      2018-03-06 18:25:12 SELESAI ANTAR KUDUS WAKTU UPDATE: 20180306 182512
      STATUS: Orang Serumah
      PENERIMA: KUSDI

  16. Kak ko paket saya dari kemarin tanggal 3 itu statusnya masih diteruskan ke antaran tangerang selatan, sampai sekarang masih begitu mas. Apa kalau minggu ga ada pengiriman ya mas?

    • Paketnya sudah diterima:
      2018-03-19 12:22:24 POSTING LOKET Surabayakarah
      2018-03-24 07:41:21 MANIFEST SERAH KLATEN NO BUKTI SERAH: 574001205748114018000062
      KANTOR TUJUAN: Jatinom 57481
      2018-03-24 10:28:56 MANIFEST TERIMA Jatinom NO BUKTI SERAH: 574811205748114018000062
      KANTOR ASAL: KLATEN 57400
      2018-03-24 10:30:14 PROSES ANTAR Jatinom NO DO: 57481180000143
      2018-03-24 15:40:24 SELESAI ANTAR Jatinom WAKTU UPDATE: 20180324 154024
      STATUS: Diterima Sialamat
      PENERIMA: SURATNO

    • Barangnya sudah diterima:
      2018-04-12 15:50:49 POSTING LOKET GRISENDA
      2018-04-16 09:22:42 PROSES ANTAR KUDUS NO DO: 59300180018901
      2018-04-16 20:08:34 SELESAI ANTAR KUDUS WAKTU UPDATE: 20180416 200834
      STATUS: Diterima Satpam
      PENERIMA: SAIFUL ARIP

  17. kak pengiriman utk no resi 16316629675 selama 3 hari diteruskan ke kantor antaran, itu kenapa ya? mohon bantuannya ya, terima kasih

    • Dalam proses pengantaran ke penerima maksudnya. Sudah diterima ya:
      2018-05-07 12:46:42 POSTING LOKET Sumberrejo
      2018-05-07 17:28:14 MANIFEST TERIMA BOJONEGORO NO BUKTI SERAH: 621001106210012018900108
      KANTOR ASAL: KARAWANG 41300
      2018-05-11 04:45:29 MANIFEST SERAH KARAWANG NO BUKTI SERAH: 413001224130014018000041
      KANTOR TUJUAN: BOJONEGORO 62100
      2018-05-11 11:25:08 PROSES ANTAR KARAWANG NO DO: 41300180012586
      2018-05-11 19:07:57 SELESAI ANTAR KARAWANG WAKTU UPDATE: 20180511 190757
      STATUS: Diterima Sialamat
      PENERIMA: ANGGIETA

  18. Ini masih dijawab nggak ya kalau saya tanya disini. Tolong cek kan untuk saya bisa kak ? Ini nomor resi saya kak 16742051041. Ini ceritanya paketan saya nyasar dari yogya ke surabaya yg sebenernya ke solo. Terima kasih kak

  19. mba mau nanya, saya memgirim paket jam 2 siang tadi. apakah kirakira langsung dilakukan prosespengiriman? soalnya sayaingin membatalkan nya dikarnakan filenya kurang dan saya memakai paket kilat khusus.
    mohon dijawab terimakasih

  20. Mas paket saya dari Kabupaten gorontalo belum sampe ? no resinya 17322812147
    Tolong di bantu ya mas, terima kasih..

Tulis komentar...