Mengetahui performa kecepatan website dengan Google PageSpeed Insights

Anda sekarang tentu sudah mengetahui bahwa Google sekarang menggunakan kecepatan muat website sebagai salah satu sinyal dalam ranking di hasil pencarian Google Search. Kalau anda akses sendiri website anda juga dirasa cukup cepat, tapi ini kan belum tentu yang dirasakan oleh bot crawler Google saat meng-index website anda.

Apa yang tampil dari website anda di browser belum tentu sempurna bagi Google, sehingga lebih baik kita menguji kecepatan website anda secara objektif dan dari berbagai sisi. Sebenarnya banyak tool yang tersedia untuk mengetahui kecepatan website, tapi lebih baik menggunakan layanan dari Google sendiri karena search engine terbaik dan terpopuler sekarang adalah Google. Jadi akan lebih akurat menggunakan analisa Google terhadap kecepatan muat website kita di matanya, hasil analisa ini bisa kita gunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan performanya.

Cara pengujian performa website ini cukuplah mudah, anda cukup akses halaman Google PageSpeed Insights dan isikan alamat website atau halaman web tertentu yang ingin anda ketahui kecepatan loadingnya. Klik ANALYZE untuk memulai proses analisa.
google-pagespeed-insights

Silahkan tunggu sesaat proses analisa performa kecepatan website anda.
google-pagespeed-insights-analyzing

Setelah selesai akan muncul 2 buah hasil yang berbeda tergantung halaman website anda diakses melalui mobile atau komputer.
google-pagespeed-insights-mobile-desktop
Mobile disini berarti halaman web anda diakses melalui handphone, smartphone, tablet dan perangkat sejenis lainnya.
google-pagespeed-insights-mobile
Desktop berarti halaman website anda diakses menggunakan browser di komputer, notebook atau laptop.
google-pagespeed-insights-desktop
Anda bisa melihat beberapa laporan mengenai file apa saja yang dimuat dan jenis masalah yang bisa mengurangi performa kecepatan website anda bila diakses baik secara mobile atau desktop. Saran mengenai apa yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan kecepatan muat website anda bisa dilihat di tiap bagian. Terdapat jenis prioritas untuk setiap bagian yang dilambangkan dengan beberapa icon berikut:

  • Tanda seru merah untuk masalah yang bila langsung ditangani akan berdampak besar pada performa kecepatan website.
  • Tanda seru kuning untuk masalah yang bisa diperbaiki kalau anda sedang tidak sibuk.
  • Tanda centang hijau berarti tidak ada masalah berarti.

google-pagespeed-insights-understanding-the-rule-icons
Umumnya skor dari website anda di mobile akan lebih rendah dibanding di desktop, hal ini disebabkan browser yang terdapat di mobile memiliki keterbatasan dalam menampilkan beberapa fitur di website anda.

Sekarang anda sudah mengetahui apa saja yang dianggap bermasalah pada website anda oleh Google dan berakibat memperlambat loading website anda. Tinggal kita melakukan langkah – langkah yang nyata untuk mengatasinya, seperti mengurangi beberapa fungsi yang tidak terlalu penting, memperkecil ukuran gambar yang dipakai, menggunakan responsive web design yang mampu mengadaptasi website anda supaya dapat ditampilkan dengan baik di mobile, dan masih banyak lagi.

3 pemikiran pada “Mengetahui performa kecepatan website dengan Google PageSpeed Insights”

    • Halo Fandi, pada umumnya sih:
      1. Melakukan minify dan combining JavaScript juga CSS.
      2. Optimasi ukuran gambar, tidak perlu segede gaban karena layar monitor juga tidak besar – besar amat.
      3. Kalau menggunakan CMS maka plugin cache bisa diaktifkan.
      4. Kurangi jumlah skrip yang tidak penting.
      5. Manfaatkan layanan CDN, ada yang gratis kok.
      Masih ada lagi, tapi secara garis besarnya adalah seperti diatas. 🙂

Tulis komentar...