Mengetahui tipe file di Windows menggunakan FileTypeID

Di Windows umumnya setiap file akan memiliki ekstensi yang akan memberikan kita informasi jenis file apakah itu, contohnya adalah file dokumen dengan ekstensi .docx yang secara sekilas kita akan tahu bahwa file tersebut bisa dibuka dengan Microsoft Word. Tapi ekstensi suatu file sendiri dapat dimanipulasi dengan mudah atau malah tidak ada sama sekali, jadi bagaimana cara kita mengenali tipe file aslinya?

FileTypeID adalah solusinya, anda tidak perlu melakukan instalasi karena program ini bersifat portable, cukup masukkan file yang ingin diidentifikasi dan klik Analyze. Aplikasi ini memiliki database yang berisi ribuan identifikasi dari hampir semua jenis file yang ada. Walau ekstensi file biasanya sudah cukup untuk diketahui apa jenisnya, misal kalau terjadi salah penulisan maka akan diperlihatkan beberapa alternatif tipe file tersebut dengan persentase kesamaan dengan jenis file tertentu dan poin tingkat keyakinannya.

filetypeid

Klik Details untuk melihta informasi analisa lebih lanjut mengenai file tersebut, anda bisa mendapatkan kapan dibuat dan dimodifikasinya, nilai hash file dalam algoritma SHA-1, ada metadatanya atau tidak dan lainnya.

filetypeid-details

Aplikasi ini akan lebih berguna kalau digunakan untuk analisa file yang tidak memiliki ekstensi, karena jarang sekali file dengan ekstensi tapi salah jenisnya.

Tulis komentar...