Menghapus instalasi program dengan Revo Uninstaller

Sering kita temui program yang tidak bisa diuninstall atau setidaknya susah dalam menguninstallnya. Walaupun kita sudah menggunakan uninstaller yang disertakan software tersebut masih saja gagal. Saya mengalami hal ini saat berusaha menguninstall Nero Essential 9, entah kenapa program ini bandel sekali tidak mau diuninstall.

Setelah mencari – cari solusi di internet akhirnya saya menemukan satu software gratis yang berfungsi khusus untuk menguninstall program yaitu Revo Uninstaller. Jalankan saja program ini dan akan tampil daftar program dan software yang terinstall di komputer anda.

revo-uninstaller

Anda cukup memilih nama program yang ingin diuninstall dan klik kanan kemudian pilih Uninstall.
revo-uninstaller-right-click-menu

Proses selanjutnya Revo Uninstaller akan membuat titik System Restore dulu sebagai jaga – jaga, kemudian menganalisa data aplikasi tersebut. Selanjutnya akan dicoba uninstaller bawaan software tersebut, kalau tidak bisa maka Revo Uninstaller akan menggunakan data yang tadi dianalisa untuk dibersihkan secara manual – tentunya bagi anda ini semua otomatis, cukup tekan Next dan biarkan program ini bekerja.

revo-uninstaller-performing-the-initial-analysis

Sampai disini maka program tersebut telah berhasil diuninstall, tapi Revo Uninstaller bisa melakukan lebih dari itu. File, folder dan registry sisa instalasi program tersebut akan selanjutnya dicari dan dibersihkan.

revo-uninstaller-scanning-for-the-leftover-information

Disini anda perlu memastikan apakah memang benar registry yang ditemukan memang milik program yang baru saja diuninstall. Beri centang pada entry registry Windows yang sudah tidak digunakan dan klik Delete untuk menghapusnya.
revo-uninstaller-found-leftover-registry-items

Selanjutnya adalah folder dan file sisa dari program yang sudah terhapus akan ditampilkan disini, sekali lagi pastikan memang yang ditemukan adalah dari program yang sebelumnya diuninstall. Pilih folder dan file yang sudah tidak diperlukan dan klik Delete.

revo-uninstaller-found-leftover-files-and-folders

Dan… selesai sudah cara menghapus instalasi program yang sulit diuninstall menggunakan Revo Uninstaller Free ini. Anda dijamin tidak akan menemukan jejak dari software yang

Tulis komentar...