Menghapus riwayat pencarian Windows Explorer

Kemudahan kadang berbanding terbalik dengan privasi data penggunannya. Pencarian di Windows 10 sudah lebih baik dan cepat kalau dibandingkan Windows 7, dan bahkan kalau ada hal yang sering dicari akan disimpan dan diprediksi untuk sesi pelacakan berikutnya.

Tapi bagaimana kalau kita sendiri tidak ingin apa aktivitas pencarian kita tercatat oleh Windows? Begitu fokus ke kotaknya akan muncul daftar tulisan yang pernah anda cari sebelumnya, dan mungkin tidak ingin terpampang jelas atau bisa dibaca orang lain yang pinjam komputernya.

Nah… ini masalah gampang – gampang susah ternyata. Saya cek di setting Windows Explorer ternyata tidak ketemu atau bukan untuk penyimpanan riwayat kata – kata pencarian.

Akhirnya setelah cari tahu memang solusinya tidak bisa lewat Windows Explorer. Dari yang saya dapatkan hanya bisa lewat Registry Editor.

Peringatan sebelumnya, karena ini berurusan dengan edit fungsi registry Windows maka ada resiko kerusakan sistem operasi kalau masalah, harap lakukan backup dahulu.

Kalau sudah yakin dan siap jalankan command prompt dan eksekusi perintah berikut:
REG Delete HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\WordWheelQuery /VA /F
Langsung ENTER saja.

Selesai dan mestinya riwayat pencarian di Windows Explorer akan kosong isinya.

Leave a Reply