LOADING

Type to search

Windows

Menghilangkan lock screen Windows 10

Dulu di Windows 7 kalau meninggalkan laptop dalam waktu tertentu dan ada password didalamnya atau memang menguncinya maka tampilan lock screen akan muncul. Untuk mengakses kembali tinggal langsung ketikan saja apa kata sandinya. Sedangkan di Windows 10 agak berbeda sedikit, dimana akan muncul wallpaper cantik dengan waktu sekarang, tekan tombol apapun baru isikan passwordnya.

Apakah masalah? Mungkin lebih tepatnya, kalau sudah terbiasa dengan lock screen Windows 7 yang langsung aktif dan mengisikan password maka sistem Windows 10 ini pasti sering error karena salah mengetikkan kata sandinya.

Apa ada solusinya? Ya, dengan bantuan Group Policy Editor kita bisa mengaturnya. Cari gpedit.msc pada Search Windows di kiri bawah taskbar. Singkatnya tinggal akses lokasi ini Computer Configuration > Administrative Templates > Control Panel > Personalisation > Do not display the lock screen - Enable.

Setelah itu kotak passwordnya akan selalu ditampilkan seperti Windows 7 dulu.

Kenapa bisa seperti itu? Sederhana aslinya penyebabnya, karena layar pengunciannya perlu diaktifkan dulu dengan aktivitas tombol apapun, dan baru ketikan setelahnya otomatis fokus di kotak teks passwordnya. Ini menyebabkan meleset 1 huruf.

Tags:

Tulis komentar...