Cara mengirimkan uang lewat PayPal

PayPal merupakan layanan pembayaran online yang cukup populer, dibalik persyaratannya yang kadang dirasa sulit (kartu kredit), tapi akan sangat mempermudah kita dalam bertransaksi internasional. Apalagi kalau barangnya bersifat digital.

Salah satu tindakan yang lumrah dilakukan ada mengirimkan dana ke orang lain. Yang bisa anda akses lewat link ini kalau sudah login: https://www.paypal.com/myaccount/transfer/. Dan anda lihat akan ada 3 jenis tipe pengiriman uangnya: Pembayaran barang & jasa, pengiriman uang ke Indonesia, dan pengiriman ke teman atau orang lain (personal).

Yang terpenting adalah tipe pembayaran pertama sifatnya ada perlindungan pelanggan (buyer protection) tapi feenya lebih besar. Dan tipe ketiga kiriman personal dengan fee rendah tapi tidak ada perlindungan apapun misalnya ternyata fraud.

Jadi apa yang dibutuhkan untuk mengirimkan uangnya ke orang lain? Cuma 2 hal: Negara asal orangnya dan alamat emailnya. Disini saya mendemokan yang tipe ketiga karena saya ada niat mendonasikan sejumlah uang ke salah satu developer open source yang saya pakai. Dan yang pertama kita lakukan adalah menentukan negara si penerima dana, ini akan berpengaruh ke berapa besar biayanya.

Setelah itu isikan saja berapa besar dana yang ingin dikirimkan, akan terlihat berapa besar feenya nanti dan orangnya akan menerima berapa. Yang pasti kalau ambil dari kartu kredit akan lebih mahal feenya.

 

Selanjutnya isikan alamat email penerimanya.

Setelah itu akan muncul halaman konfirmasinya, setujui dan selesai sudah tugas kita. Nanti penerimanya akan dinotifikasi oleh PayPal bahwa ada dana yang masuk.

 

Semoga bermanfaat. 🙂

Tags:

Leave a Reply