Mengosongkan email di cPanel dengan cepat

Saya baru saya mendapatkan permintaan transfer hosting dari cPanel, websitenya sih company profile menggunakan WordPress jadi seharusnya prosesnya juga standar. Tapi saya kaget melihat kalau disk space yang terpakai mencapai 491 MB lebih, kurang sedikit dari batas maksimalnya 500MB. Wow. Padahal situsnya cuma berpuluhan halaman saja dan puluhan gambar, jadi jelas tidak masuk akal.

Setelah saya lacak dimana lokasi file – file yang berukuran besar ini berada ternyata ada di direktori mail dan pastinya berisi banyak email kalau isinya bisa 400MB-an sendiri.

cpanel-x-mail

 

Setelah saya konfirmasi memang pemiliknya tidak pernah mengecek email di cPanel dan lebih memilih Gmail untuk komunikasinya. Jadi aman untuk dibersihkan, tapi tentu ada caranya yang lebih baik dibandingkan langsung menghapus folder mail beserta isinya. Caranya? akses cPanel website anda dan pada bagian Mail pilih Email Accounts.

Nanti akan muncul daftar akun email untuk website tersebut dan berapa kapasitas email yang terpakai. Sekarang tergantung anda ingin bagaimana, kalau tidak pernah digunakan sebaiknya langsung dihapus saja alamat emailnya tapi kalau anda masih menggunakannya maka klik Access Webmail.

cpanel-x-email-accounts

Kemudian akan muncul halaman pilihan akan menggunakan software apa mengaksesnya, tapi diwebhostingnya cuma ada pilihan SquirrelMail ya terpaksa pilih itu. Kenapa saya cek dulu isinya? Takutnya ada email penting didalamnya walau kata si pemilik tidak pernah dipakai dan aman dihapus semuanya.

cpanel-x-squirrelmail

Dan ternyata… isinya memang spam semua, langsung klik All dan Delete jadinya. Haha.

Sayang tidak ada cara satu klik langsung habis isinya di SquirrelMail, kalau di HordeMail ada pilihan Purge soalnya. Dan aslinya memang niat saya menggunakan Horde kalau ada karena lebih cepat mengosongkan inbox email.

Tulis komentar...